Iwan Bule Curhat ke Presiden Jokowi, Minta Kompetisi Digelar

Ketum PSSI Mochamad Iriawan. (Adika Fadil/pojokbekasi)

Ketum PSSI Mochamad Iriawan. (Adika Fadil/pojokbekasi)


POJOKJABAR.com– Rapat terbatas (ratas) soal persiapan Piala Dunia U-20 dengan Presiden Joko Widodo kemarin (20/10) dimanfaatkan betul oleh Ketua Umum PSSI Moch. Iriawan.

Terutama untuk menyampaikan maksud pentingnya kompetisi digulirkan musim ini.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, selain ada klub-klub yang saat ini merugi karena ketidakjelasan kompetisi, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 merupakan salah satu program pelatih timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Bagian dari road map yang sudah disampaikan pelatih asal Korea Selatan itu kepada PSSI menuju Piala Dunia U-20 yang dijadwalkan dihelat Mei–Juni tahun depan.

’’Dalam road map-nya ada check-in dan check-out. Setelah TC (training center/pemusatan latihan) di Eropa, pemain kami kembalikan ke klub. Kami berharap mereka bisa ikut kompetisi bersama klub,’’ jelasnya.

Dengan mengembalikan pemain ke klub, gemblengan Shin Tae-yong selama dua bulan TC di Kroasia tidak akan sia-sia. Karena itu, dia berharap betul kompetisi bisa digulirkan. Sebab, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator sudah mempersiapkan segalanya secara maksimal. Termasuk protokol kesehatan.

Kepastian jadwal Liga 1 dan Liga 2 tak jelas setelah Polri menolak untuk mengeluarkan izin keramaian dengan alasan pandemi Covid-19. Semula PSSI menjadwalkan Liga 1 dimulai 1 Oktober, tapi kemudian diundur 1 November. Karena Polri bergeming, ada tiga skenario jadwal yang disiapkan PSSI bersama LIB: 1 November, 1 Desember, atau 1 Januari tahun depan.

Iwan Bule memang tak secara langsung meminta Presiden Jokowi memerintah Polri untuk mengeluarkan izin. Tapi, mantan Kapolda Metro Jaya itu menerangkan, kompetisi juga bakal membantu Shin Tae-yong memantau pemain baru untuk dicoba di timnas U-19.

’’Mudah-mudahan ini jadi perhatian, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bisa bergulir. Khawatir jika tidak ada kompetisi, hilang satu program dari Shin Tae-yong,’’ katanya.

Tak ada tanggapan Jokowi atas permintaan dalam rapat yang berlangsung secara virtual itu. Memimpin ratas dari Istana Bogor, dia hanya memberikan arahan pengantar.

Timnas U-19 saat ini masih berada di Kroasia. Rencananya, pada 28 Oktober, David Maulana dkk pulang ke tanah air. Nah, setelah itu, PSSI akan memulangkan para pemain ke klub masing-masing.

Setelah kembali ke klub, mereka diharapkan bisa bermain dalam kompetisi. Shin Tae-yong memang pernah menyebut kompetisi diharapkan segera digelar.

Menurut dia, berputarnya kompetisi sangat berpengaruh terhadap kekuatan timnas U-19 di Piala Dunia U-20 tahun depan. ’’Sebab, di kompetisi resmi pemain akan mendapatkan atmosfer pertandingan,’’ jelasnya.

Di ratas yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan, pembukaan Piala Dunia (PD) U-20 tahun depan tak akan segemerlap Asian Games 2018. Selain itu, belum ada kepastian pertandingan bisa dihadiri penonton di stadion atau tidak.

Zainudin menjelaskan, hanya ada slot waktu maksimal delapan menit sebelum kickoff perdana untuk pembukaan. Mungkin hanya diisi sambutan-sambutan.

’’Soal penonton (di stadion, Red), kita akan lihat situasi di Mei dan Juni. (Itu pun) jika tidak ada pengunduran,’’ ujarnya. Dia mengatakan, banyak faktor yang berkaitan dengan boleh atau tidaknya suporter datang ke stadion. Di antaranya, apakah program vaksinasi nanti sudah berjalan dan cakupannya merata. Selain itu, kondisi pandemi Covid-19.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melaporkan bahwa persiapan infrastruktur stadion maupun layanan pendukungnya sudah sesuai dengan jadwal. ’’Tidak ada satu hal yang mengkhawatirkan.Tinggal menunggu kapan delegasi FIFA melakukan pengecekan atau inspeksi,’’ katanya.

Dalam pengantar ratas, Jokowi menyatakan ingin mendapat laporan tentang kesiapan stadion utama dan pendukung di enam kota yang ditunjuk.

’’Saya juga ingin mendapatkan laporan dari PSSI mengenai kesiapan timnas yang akan berlaga,’’ ujarnya.

(jpc/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds