WARNING! Bat Woman Peringatkan tentang Ancaman Pandemi Lebih Besar daripada Virus Corona

Virus Corona

Virus Corona


POJOKJABAR.com – Bukan hanya pengakuan tentang penyimpanan sejenis virus corona semenjak 2004, Wuhan Institute of Virology (WIV) juga kembali menjadi perbincangan.

Hal itu dikarenakan ahli virus di Wuhan Institute of Virology (WIV) Shi Zhengli menyatakan bahwa coronavirus mematikan yang saat ini memicu pandemi global hanya ujung dari gunung es.

Shi mengungkapkan harus benar-benar ada upaya secara global untuk mencegah terjadinya virus yang lebih besar dibandingkan dengan virus corona.

“Jika kita ingin mencegah umat manusia dari penderitaan akibat wabah penyakit menular berikutnya, kita harus bergerak maju untuk mempelajari virus-virus tak diketahui yang dibawa binatang liar di alam dan memberikan peringatan dini,” ujarnya dalam siaran China Global Television Network (CGTN), Senin (25/5/2020).

Shi merupakan seorang pakar yang sering sekali dijuluki ‘bat woman’ telah menekuni virus dari kelelawar.

Dirinya menyerukan kepada semua orang tentang pentingnya kerja sama dan bersikap transparan pada hasil penelitian di antara ilmuwan maupun pemerintahan.

Hal itu berguna demi mencegah pandemi mematikan di masa mendatang.

“Jika kita tidak mempelajari (virus, red), kemunghkinan akan ada wabah lagi,” kata wakil direktur WIV itu.

Namun, Shi memastikan virus corona yang menjadi pandemi global saat ini bukan dari WIV.

Dia berdalih jenis virus yang diteliti di WIV berbeda dari yang saat ini menimbulkan pandemi COVID-19.

Sebelumnya Direktur WIV Wang Yanyi mengakui bahwa laboratorium yang dikelolanya telah memperoleh dan mengisolasi beberapa virus corona dari kelelawar sejak 2004.

(ayu/pojokjabar/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds