Gempa Bumi di Fiji Magnitudo 8,2, Begini Kondisinya

ilustrasi

ilustrasi

Cari Aman

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Survei Geologi AS (USGC) menyebutkan gempa berkekuatan Magnitudo 8,2 terjadi di Samudera Pasifik yang berada dekat kepulauan Tonga dan Fiji pada Minggu (19/8). Namun tidak ada kerusakan yang disebabkan oleh gempa. Serta tidak ada laporan mengenai korban jiwa.

“Saya berharap ini tidak begitu membahayakan. Orang akan merasakannya tetapi sangat dalam sehingga saya berharap tidak ada kerusakan yang berarti,” kata ahli geofisika USGS Jana Pursley, kepada Reuters.

Jana mengatakan, tidak ada ancaman tsunami ke Selandia Baru setelah gempa tersebut. Pasalnya, gempa 8,2 SR itu menghantam di kedalaman 347,7 mil. Awalnya dilaporkan sebagai gempa berkekuatan 8,0 SR sebelum direvisi naik menjadi Magnitudo 8,2 SR oleh USGC.

Baca: Ini Dia Daftar Penyumbang Korban Gempa Bumi Lombok Besama Tim Relawan Radar Bogor

 

Sementara itu, Direktur Unit Seismologi Fiji Apete Soro mengatakan, gempa terjadi lebih dekat dengan Pulau Lau yang jaraknya 62 kilometer dari desa Waiqori.

Selain itu terdapat laporan mengenai gempa yang dirasakan di bagian tengah dan barat pulau utama Viti Levu. Hingga kini mereka masih berusaha menjangkau tempat-tempat kelompok Lau untuk memeriksa jika ada kerusakan.

Salah satu penduduk Ibukota Fiji, Samantha Rina mengatakan, mereka merasakan gempa pada pukul 12.30 dini hari waktu setempat.

Baca: Komunitas Jurnalis Berhijab Galang Dana untuk Korban Gempa Bumi di Lombok

 

“Rasanya seperti bumi beriak, seperti yang dirasakan seseorang ketika berada di kapal laut, karena ini di daratan rumah seperti bergoyang. Gempa berlangsung beberapa detik lalu aku melihat berita gempa,” kata Rina seperti dilansir stuff.co pada Minggu (19/8).

Diketahui, pusat gempa diketahui berasal dari 167 mil timur Levuka di Fiji Ovalau Island dan 275 mil barat Neiafu di Tonga, yang merupakan sebuah kota yang memiliki populasi sekitar enam ribu orang.

(trz/jpc/pojokjabar)


loading...

Feeds

DM Instagram

2 Pendiri Instagram Undurkan Diri

CO-Founder Facebook Inc Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya di perusahaan besar tersebut. Pada Senin, …