Pengasinan Depok Diterjang Puting Beliung, 30 KK Terdampak

Petugas Damkar Depok saat membantu warga yang terdampak angin puting beliung, di Jalan Kopi, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan. (ist)

POJOKJABAR.id, Depok – Angin puting beliung menerjang Salah satu wilayah Kota Depok, tepatnya di Jalan Kopi, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan. Tercatat sebanyak 30 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak bencana tersebut.


Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Denny Romulo Hutauruk menerangkan, bila data tersebut masih bersifat sementara, karena petugas masih melakukan pengecekan di wilayah Kota Depok.

“Dari data yang kami terima ada 30 KK yang kena dampak puting beliung. Kami masih terus mengecek ya,” katanya.

Bila dilihat dari data yang masuk ke Radar Depok krugian mencapai Rp10 juta lebih. Rata-rata kerusakan terjadi pada atap rumah, baik asbes maupun genting.


Ditegaskan Denny, beruntung dari kejadian tersebut tidak ada korban luka, apalagi meninggal dunia. Namun kewaspadaan harus tetap ditingkatkan, mengingat cuaca ekstrem masih terjadi di Depok.

“Kami terima laporan selasa (10/5/2022) subuh sekitar jam 04:01 WIB, dan asessmen ke lokasi sekitar jam 10:30 WIB,” ungkap Denny.

Adapun langkah yang dilakukan petugas, seperti, berkordinasi dengan warga dan RT setempat, membantu membersihkan rumah warga yang terdampak, dan membuat assessment.

PB menerjunkan empat personel, yang juga berkolaborasi dengan Tagana serta warga setempat, untuk melakukan pemantauan. Sekaligus mengantisipasi kejadian serupa.

Diketahui angin kencang terjadi pada Senin (9/5) pukul 16:54 WIB, yang mengakibatkan adanya bangunan rusak. (rd/pojokjabar)