Pemkot Depok Cairkan Rp 40,9 Miliar untuk THR ASN

THR-PNS
Ilustrasi.

POJOKJABAR.id, Depok – Berbeda dengan tahun lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kini harus mengeluarkan dana sebesar Rp40,9 miliar untuk membayar tunjangan hari raya (THR) sebanyak 6.444 Aparatur Sipil Negara (ASN).


Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok, Wahid Suyono menuturkan, BKD Kota Depok telah menyiapkan anggaran sebesar Rp40,9 miliar untuk THR seluruh ASN se-Kota Depok.

Besarannya tentu berbeda-beda, tergantung golongan atau ruang dan kelas jabatannya. Suyono memaparkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) memiliki hak atas THR.

“PPPK kan juga termasuk dalam ASN,” tegasnya, Minggu (24/4/2022).


Walau begitu, THR ASN memiliki beberapa perincian. Diantaranya, gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tambahan penghasilan sebesar 50 persen.

“ASN sesuai daftar gaji atau ledger gaji bulan April 2022, sebesar 50 persen dari pagu tambahan penghasilan pegawai (TPP) berdasarkan beban kerja,” tutur Wahid.

Sementara bagi ASN yang memasuki masa pensiun TMT 1 April 2022 tidak diberikan THR Tambahan Penghasilan. Untuk mekanisme pembayaran THR sendiri, Wahid menyebut untuk THR komponen gaji dapat dibayarkan mulai tanggal 22 April 2022.

“Kalau Pembayaran THR komponen Tambahan Penghasilan dapat diajukan mulai tanggal 25 April 2022,” ujarnya.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kota Depok, Novarita mengatakan, terdapat 6.444 jumlah ASN dan PPPK di Kota Depok tahun ini yang secara tercatat

Artinya, seluruh ASN mendapatkan THR, tapi dihitung sesuai aturan.

“Pencairanya kapan ada di BKD, yang jelas 6.444 itu terbagi dari PNS berjumlah 6.262 dan PPPK yang berjumlah 182,” singkatnya.

Diketahui sebelumnya, THR sebanyak Rp30 miliar sudah bisa dicairkan abdi negara ini, dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, tahun lalau.

Kepala BKD Kota Depok, Nina Suzana mengatakan, THR PNS sudah keluar sejak Selasa (4/5/2021), dengan besaran sesuai dengan gaji PNS pada April 2021.

“Jadi, PNS menerima THR sesuai dengan gajinya pada April, beserta juga gaji Mei,” tuturnya, Rabu (5/5/2021).

Lebih lanjut, Nina menjelaskan, gaji dan THR masing-masing PNS berbeda-beda. Karena di dalam gaji terdapat unsur macama-macam, seperti tunjangan yang berbeda-beda.

“Ada tunjangan anak, dan lainnya. Jadi, besarannya juga beda. Tergantung berapa banyak tunjangannya,” jelas mantan Kasatpol PP Kota Depok ini.

Yang jelas, tegas Nina, tidak ada potongan dalam pencairan THR kali ini. Alokasi dananya, Kota Depok memiliki anggaran sebesar Rp30 miliar untuk THR 2021.

“Kurang lebih sebesar Rp30 miliar,” sambungnya. (rd/pojokjabar)