Tak Ada Cuti Bersama, Libur Lebaran ASN dan PPK Depok Dua Hari Saja

ASN
Ilustrasi.

POJOKJABAR.id, Depok – Berdasarkan Surat Edaran (SE) Walikota Depok, Libur Nasional Hari Raya Lebaran ditetapkan pada tanggal 2-3 Mei 2022.


Dengan itu, sebanyak 6.444 ASN dan PPPK di Kota Depok tidak bisa berlama-lama menikmati libur Idul Fitri 1443 Hijriah karena jatah libur mereka hanya dua hari saja.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan SDM (BKPSDM) Kota Depok, Novarita mengatakan, Libur Nasional Hari Raya Idul Fitri untuk para ASN dan PPPK jatuh pada tanggal 2-3 Mei 2022.

“Para ASN akan masuk kembali pada tanggal 4 Mei 2022,” ujarnya, Selasa (5/4/2022).


Novarita menjelaskan, saat ini belum ada informasi lebih lanjut perihal dispensasi untuk para ASN yang melaksanakan mudik lebaran. Terkait mudik belum ada pedomannya, karena tidak ada cuti bersama.

“Perihal itu belum ada info lebih lanjut. Jadi kalau mau mudik ya gunakan libur dua hari itu,” tegasnya.

Adanya libur dua hari saat lebaran, salah satu ASN Kota Depok, Galih Catur Prasatya menyayangkan penetapan libur lebaran yang hanya berlaku selama dua hari.

Menurutnya, para ASN yang menjalankan mudik lebaran membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu. Ditambah semenjak Covid-19 melonjak, masyarakat belum diperbolehkan untuk melaksanakan mudik lebaran.

“Ya untuk waktu kurang lebih satu minggu. Kasian yang punya keluarga di kampung, hampir dua lebaran enggak ketemu,” tuturnya.

Meski dia tidak mengikuti mudik lebaran, Galih berharap kebijakan tersebut dapat diubah. Sehingga, para ASN dapat memiliki waktu lebih lama untuk berkumpul bersama keluarga di waktu lebaran.

“Kalau emang benar begitu, ya mau tidak mau sebagai ASN wajib mengikuti aturan,” tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan dan stakeholder lain terkait mudik.

Sehingga belum ada keputusan final terkait libur lebaran 2022 PNS.

“Satu dengan usulan libur (cuti bersama), nanti akan diputuskan oleh pak presiden, lainnya tata cara tentang mudik. Pada dasarnya mudik diperbolehkan dengan prokes yang ketat, dimana mereka yang mudik diwajibkan sudah booster atau vaksin ketiga,” kata Budi Karya usai rapat dengan Komisi V DPR RI, Senin (4/4/2022).

Namun Presiden Jokowi sudah memberi titik terang bahwa masyarakat diizinkan mudik tahun ini dengan syarat harus menerima vaksin booster covid-19.

Aturan yang mengatur libur nasional atau tanggal merah sebelumnya adalah Surat Keputusan Bersama atau SKB 3 Menteri.

Dimana dalam aturan tersebut juga menjelaskan kapan libur Lebaran 2022 PNS yaitu jatuh pada Senin (2/5) dan Selasa (3/5).

Keputusan ini berdasar pada keputusan Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021, Nomor 4 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Belum ada keputusan terbaru apakah cuti bersama akan diadakan atau tidak. (rd/pojokjabar)