Kerap Bikin Macet, Pekerjaan Saluran di Kedaung Depok Terbengkalai

Pekerjaan proyek saluran yang terbengkalai di Jalan Pahlawan, RT4/7, Kelurahan Kedaung. (FOTO : INDRA SIREGAR/RD)

POJOKJABAR.com, Depok – Proyek pembuatan saluran di Jalan Pahlawan RT4/7, Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, terbengkalai dan ditinggal begitu saja oleh kontraktor.


Karena terbengkalainya proyek tersebut, Jalan Pahlawan kerap dilanda kemacetan lantaran adanya material proyek ditinggal begitu saja.

Lurah Kedaung, Madauki membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, proyek pembuatan saluran itu dimulai pada pertengahan Desember 2021, namun sampai saat ini belum juga selesai dikerjakan.

“Saya sendiri sebenarnya tidak tahu ini proyek apa, karena kontraktor tidak ada pemberitahuan ke saya sampai saat ini,” katanya, Rabu (12/01/2022).


Dia mengungkapkan, dari hasil pantauannya di lapangan, pengerjaan proyek saluran tersebut bahkan sudah tiga kali berganti kontraktor.

Namun, sampai saat ini sudah tidak ada lagi kegiatan pengerjaan, bahkan sebagian besar material proyek, seperti U-ditch dan penutupnya dibiarkan terbengkalai di tepi jalan.

Tidak hanya itu, tanah galian saluran juga ditinggalkan menumpuk di pinggir jalan, sehinggga ruas jalan jadi menyempit.

“Tanahnya sudah pernah diurug warga, rapi sama pekerja proyek digali lagi. Akhirnya warga kesal dan dibiarkan. Tapi tanah ini juga membawa masalah lain. Sebab, kalau hujan tanahnya menyebabkan jalanan kotor dan licin,” bebernya.

Meski merasa jengkel terhadap oknum kontraktor yang diketahui bernama Manurung, Madsuki dengan segala keterbatasannya mencoba merapihkan jalan dari tumpukan material. Dia bersama warganya memindahkan material U-ditch ke tempat yang lebih lega untuk mengurangi kesemerawutan di pinggir jalan.

“Bahkan kemaren pekerja proyek sempat nyamperin saya minta makan, karena mereka belum digaji dan dikasih makan sama bosnya. Ini benar–benar keterlaluan,” pungkasnya. (rd/pojokjabar)