Akhirnya, Seluruh Warga Depok Bisa Vaksin Booster Gratis

Ilustrasi Vaksin
Ilustrasi

Kemudian, bagi orang yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin AstraZeneca akan disuntik vaksin booster dengan takaran setengah dosis Vaksin Moderna.


Hasil penelitian dalam dan luar negeri, termasuk yang dilakukan tim peneliti Indonesia menunjukkan vaksin booster setengah dosis menunjukkan peningkatan level antibodi yang relatif sama atau lebih baik dari vaksin booster dosis penuh.

“Memberikan dampak KIPI yang lebih ringan,” jelasnya.

Budi memastikan kombinasi vaksin booster ini sudah sesuai dengan rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), serta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).


“Pemberian vaksin booster dapat menggunakan vaksin yang sejenis atau homolog dengan vaksin yang berbeda atau heterolog,” tegas Budi.

Terdapat lima jenis vaksin yang sudah mendapatkan ijin penerapan secara darurat alias emergency use authorization dari BPOM untuk menjadi dosis vaksin penguat, yaitu Sinovac/Corona Vac, Moderna, Pfizer, AstraZeneca, dan Zifi Vac.

Berdasarkan data pemerintah, dari 544 kabupaten kota se-Indonesia baru 244 daerah yang bisa melakukan vaksinasi booster. Saat ini tinggal lima provinsi yang vaksinasi dosis pertama Covid-19 belum 70 persen, yaitu Sumatera Barat, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua. (rd/pojokjabar)