Akhirnya, Seluruh Warga Depok Bisa Vaksin Booster Gratis

Ilustrasi Vaksin
Ilustrasi

Selain itu, lanjut Manto, mereka juga harus melakukan koordinasi dengan pucuk pimpinan Pemerintah Kota Depok, untuk meminta arahan agar tertib pelaksanaan vaksin booster ini. “Fasilitas Kesehatan juga harus kami persiapkan dulu untuk pelayanan vaksin booster ini,” terangnya.


Berdasarkan data Dinkes terget sasaran vaksinasi di Kota Depok ada 1.613.557 warga. Capainnya hingga Selasa (11/1/2022), dosis satu sudah 1.327.744 jiwa atau 82,29 persen. Dosis dua mencapai 1.025.344 jiwa atau 63,55 persen. Dan dosis tiga baru 11.838 jiwa atau 0,73 persen.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, tata cara masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau vaksin booster yang akan dimulai pada Rabu (12/1).

Budi menegaskan, vaksin booster gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia, syaratnya sudah berusia 18 tahun ke atas. Dan sudah mendapatkan vaksin Covid-19 sebanyak dua dosis.


“Vaksin booster akan dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap minimal 6 bulan yang lalu,” kata Budi dalam jumpa pers, Senin (11/1/2022).

Pemberian vaksinasi booster tersebut diprioritaskan bagi tenaga kesehatan, lansia, dan kelompok komorbid dengan immunocompromised.

“Vaksinasi booster gratis ini akan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah seperti puskesmas, Rumah Sakit pemerintah, maupun Rumah Sakit milik pemerintah daerah,” ungkap Budi.

Budi merinci, bagi orang yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin Sinovac akan disuntik vaksin booster dengan takaran setengah dosis Vaksin Pfizer atau setengah dosis AstraZeneca.