Akhirnya, Seluruh Warga Depok Bisa Vaksin Booster Gratis

Ilustrasi Vaksin
Ilustrasi

POJOKJABAR.com, Depok – Vaksin ke tiga atau booster yang awalnya dikenakan biaya bagi non PBI BPJS Kesehatan akhirnya dipastikan gratis bagi masyarakat Indonesia. Artinya, target sasaran vaksinasi 1.613.557 jiwa di Kota Depok booster secara free saat kick off hari ini (12/1/2022).


Presiden Jokowi memastikan vaksin booster atau vaksin Corona dosis ketiga akan diberikan ke masyarakat secara gratis. Jokowi menekankan keselamatan warga menjadi prioritas.

“Mulai tanggal 12 Januari 2022 pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan. Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus COVID-19 yang terus bermutasi,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Selasa (11/1/2022).

Jokowi mengatakan, vaksin booster ini akan digratiskan. Syarat penerima vaksin dosis ketiga ini yakni sudah menerima dosis kedua lebih dari enam bulan.


“Untuk itu, saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia karena sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama,” ucap Jokowi.

Tim Satgas Covid-19 Kota Depok, Manto Djorgi mengatakan, berdasarkan info yang diterima dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, pihaknya belum dapat memastikan apakah dapat melaksanakan vaksin besok (Hari ini) atau tidak, sebab ada miss jumlah logistik dengan Provinsi Jawa Barat (Jabar).

“Kami akan perhitungkan dulu logistik vaksin, karena yang saat ini ada peruntukannya untuk vaksin anak. Kami harus ajukan permintaan ke Provinsi Jawa Barat duku untuk logistik booster,” kata Manto, Selasa (11/1/2022).