Vaksinasi Ibu Hamil, Kota Depok Tunggu Provinsi

Ilustrasi vaksin covid-19

Ilustrasi vaksin covid-19


POJOKJABAR.com, DEPOK – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mengeluarkan Surat Edaran Kemenkes Nomor HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil (dimulai 2 Agustus) dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Itu artinya, perempuan yang tengah mengandung sudah dibolehkan mendapatkan vaksinasi, termasuk di Kota Depok.

Namun, sesuai tanggal yang tertera dalam Surat Edaran Kemenkes tersebut, di Kota Depok, pelaksanaan vaksinasi untuk ibu hamil belum dilakukan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengatakan, Depok belum melakukan vaksinasi kepada ibu hamil, lantaran vaksin untuk ibu hamil belum tersedia di Depok.

“Vaksinnya belum ada. Yang ada sekarang hanya untuk pelaksanaan vaksin tahap ke dua, dan tengah berjalan,” kata Novarita kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Selasa (03/08/2021).

Meski begitu lanjut Novarita, pihaknya sudah mengajukan penambahan vaksin ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mempercepat vaksinasi bagi seluruh warga Depok. Namun, ia tidak membeberkan berapa jumlah vaksin yang diminta dari provinsi tersebut.

“Kami masih nunggu kiriman dari Provinsi Jawa Barat. Kemungkinan satu atau dua hari lagi sampai. Jumlah yang kami minta sebanyak–banyaknya, tapi gak tahu nanti dikasihnya berapa dari provinsi,” tutur Novarita.

Dia menjelaskan, vaksin yang akan datang nanti adalah Sinovac. Vaksin ini diminta karena dianggap aman untuk digunakan semua kalangan, termasuk ibu hamil.

“Kami minta Sinovac, karena untuk perempuan hamil yang direkomendasikan itu Sinovac. Sedangkan Astrazeneka tidak dianjurkan, karena mungkin efek sampingnya kurang bagus bagi perempuan hamil,” bebernya.

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds