Langgar PPKM, Kafe di Sukmajaya Depok Disegel, Dua Mini Market Disanksi

Satpol PP Kota Depok saat menggelar operasi penertiban, minggu (20/6).

Satpol PP Kota Depok saat menggelar operasi penertiban, minggu (20/6).


POJOKJABAR.com, DEPOK – Pelaku usaha jika tidak mau kena sanksi dan penyegelan harus nurut dengan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Salah-salah, nantinya seperti kafe yang terletak di Sukmajaya Kota Depok. Kafe dekat simpangan Depok itu, disegel akibat melanggar protokol kesehatan (Prokes) lantaran baru buka pada pukul 00:00 WIB.

Kapolsek Sukmajaya, AKP Safri Wasdar mengatakan, kafe tersebut dilakukan penyegelan dari tiga pilar, Kecamatan Cilodong, Koramil, dan Polsek.

“Kafe tersebut melanggar jam buka, tadi kami sampai di sana jam 12, mereka baru mau buka,” tuturnya kepada Harian Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Minggu (20/06/2021).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, selain melanggar jam buka, kafe tersebut didapati tak menerapkan prokes, serta ditemukan minuman keras, bir, vodka, dan minuman lainnya.

“Dari beberapa pekerja di kafe tersebut tidak menggunakan masker. Kami beri imbauan kepada mereka,” ujar Safri.

Safri mengungkapkan, belum ada sanksi lain yang diberikan. Namun pengelola kafe sudah dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.

“Sementara ini, pemilik belum ada tapi yang dipercayakan dibawa kita masih melakukan pemeriksaan,” bebernya.

Terpisah, Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah (Perda) Satpol PP Kota Depok, Taufiqurakhman mengatakan, pihaknya melakukan operasi penertiban terkait diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan mendatangkan tempat-tempat keramaian.

“Seperti kafe dan minimarker, kami memberikan informasi sekaligus peringatan bahwa seharusnya tutup pukul 21:00 WIB,” tuturnya.

Dia menjelaskan, sebenarnya tidak ada penyegelan pada saat itu. Karena operasi penertiban kali ini masih berupa peringatan.

“Kalau memang sudah kami peringatan tapi masih membandel, baru kami lakukan penyegelan,” jelasnya.

Diketahui, ada sebanyak satu kafe di wilayah Kelapa Dua dan dua minimarket di wilayah Margonda yang diberikan sanksi administrasi.

“Sisanya kami berikan teguran lisan dan tertulis. Semoga ke depannya tidak ada yang membandel lagi dan menerapkan prokes,” pungkasnya.

(RD/dis/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds