Kota Depok Uji Varian India Delta B1617

Ilustrasi COVID-19.

Ilustrasi COVID-19.


POJOKJABAR.com, DEPOK – Indikasi hadirnya varian India: Delta B1617 ternyata sudah dideteksi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok. Sebuah sampel sudah diserahkan Dinkes Depok ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes Republik Indonesia, sejak akhir Mei lalu. Hingga saat ini uji lab tersebut belum juga diketahui hasilnya.

“Belum ada yang terkonfirmasi varian itu (India B1617). Belum masuk di Depok. Saat ini memang sedang kita uji, sampel sudah di kirim ke Litbangkes sejak Mei tapi memang belum keluar hasilnya,” terang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita kepada Harian Radar Depok, Rabu (16/6).

Dia menerangkan, sampel tersebut di dapat dari pasien Covid-19. Hal ini setelah pihaknya melihat gejala yang mulai mendekati virus varian itu. Secara garis besar memang tidak ada perbedaan, tapi ada satu indikator yang menujuk angka di bawah 30.

“Gejalanya sama saja dengan covid 19. Tapi ada satu angka indikator kesehatan jika dibawah 30 itu ada kemungkinan terindikasi,” bebernya.

Sampel yang telah diserahkan Dinkes Depok ke Litbangkes hingga kini belum kunjung keluar hasilnya. Hal ini karena harus mengatre dengan daerah ataupun kota lain yang juga melakukan pengujian.

“Ya sampai sekarang belum. Harus antre dulu, karena banyak yang uji juga,” ungkap Nova.

Terkait peningakatan Covid yang terjadi di Depok, Novarita mengakui kenaikannya yang melesat. Menurut Nova –sapaanya-, peningkatan terjadi dari klaster keluarga, baik kumpul keluarga kecil maupun keluarga besar.

“Tidak bisa dipungkiri klaster keluarga penyumbang tertinggi saat ini. Alasannya hanya tidak disiplin saat kumpul keluarga, padahal virus itu tidak kenal keluarga. Jadi wajib disiplin, pakai maskernya selalu,” katanya.

Dari jumlah yang terkonfirmasi, Nova mengutarakan ada beberapa pasien yang positif meski sudah dilakukan vaksinasi. Hal ini terjadi karena imun dalam tubuh belum terbentuk atau anti bodinya belum kuat.

“Persepsi vaksin harus disamakan dulu kalau setelah terima bukan berarti tidak bisa kena, tapi vaksin untuk membuat kekebalan jika virus itu masuk ke dalam tubuh,” tuturnya.

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds