Keberangkatan Haji Tahun 2021 Ditunda, Satu Jamaah Depok Tarik Dana Haji

ilustrasi

ilustrasi


POJOKJABAR.com, DEPOK – Masyarakat Depok yang merasa membutuhkan dana tapi ingin tetap naik ibadah Haji. Kamis (10/6), Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok mempersilahkan kepada calon haji yang ingin menarik kembali dana haji yang telah masuk.

Pengambilan dana dipersilahkan akibat kebijakan pelarangan keberangkatan Haji Tahun 2021.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Depok, Hasan Basri mengatakan jika pihaknya memperkenankan kepada calon haji yang ingin menarik kembali dananya.

“Silahkan, bisa ditarik sebagian, yaitu biaya pelunasan sebesar 11 juta atau keseluruhan dana haji sebesar 35 juta,” terangnya kepada Harian Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Kamis (10/6).

Namun dia menekankan, jika calon jamaah menarik seluruh dana hajinya, tentu harus melalui tahapan pendaftaran dari awal. Tapi kalau diambil sebagian, saat keberangkatan akan menjadi prioritas.

“Caranya ajukan permohonan pengembalian dana haji ke Kepala Kemenag Depok, dan nanti akan dilanjutkan ke Kemenag Pusat,” kata Hasan.

Menurutnya, proses pengembalian dana haji berlangsung sembilan hingga 12 hari kerja. Sebab, surat permohonan yang masuk harus dilakukan pengecakan kebenaran dan sah atau tidaknya surat permohonan tersebut.

“Nanti kami cek dulu surat dan berkasnya, sesuai atau tidak. Setelah itu akan dilanjutkan ke Kemenag Pusat. Prosesnya bisa 9 sampai 12 hari kerja, karena kan harus minta tanda tangan,” ungkapnya.

Sejak diterbitkannya pelarangan Haji 2021, dikatakan Hasan, hanya ada satu jemaah yang mengajukan permohonan pengembalian dana haji, dan diajukan sejak hari Rabu (9/6), dan terdaftar sebagai warga Pancoranmas.

“Baru satu orang. Dia hanya menarik uang pelunasannya saja sebesar Rp11 juta, sekarang sedang proses,” tandas Hasan.

(RD/arn/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds