Ramadhan 1442 Hijriah, Pemkot Depok – Ormas Islam Kompak Larang Bukber

Ilustrasi

Ilustrasi


POJOKJABAR.com, DEPOK – Ini demi kebaikan semua. Peraturan dibuat pasti melihat jangka panjang yang akan disebabkan. Pemerintah kota (Pemkot) Depok bersama, lembaga dan Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam, kompak melarang kegiatan buka bersama (Bukber) sepanjang Ramadhan 1442 Hijriah.

Dalam Surat Edaran Walikota Depok, Mohammad Idris melarang kegiatan buka puasa bersama seiring dengan pandemi Covid-19 yang belum usai.

”Acara berbuka puasa bersama di lembaga pemerintahan, lembaga swasta, masjid, musala, dan tempat-tempat lainnya, ditiadakan,” terangnya dalam surat edaran Nomor 451/171-Huk.

Tidak hanya melarang kegiatan buka puasa bersama. Pihaknya juga mengizinkan pesantren kilat hanya digelar secara daring serta meniadakan kegiatan salat tarawih dan takbiran keliling. Salat tarawih berjamaah di masjid dan musala diizinkan, namun dengan sejumlah syarat. Seperti pembatasan kapasitas 50 persen, perlengkapan ibadah menggunakan milik pribadi.

Jamaah adalah warga setempat yang sudah dapat diidentifikasi status kesehatannya, bukan masih dalam status positif Covid-19. Lalu, ceramah salat terawih maksimal selama 10 menit serta bacaan surat dalam salat tarawih hendaknya menggunakan surat-surat pendek atau ayat-ayat lain maksimal tiga ayat.

Kemudian, jarak antar jemaah diatur minimal satu meter, melakukan pengecekan suhu tubuh, dan menyediakan sarana tempat cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Setiap jemaah wajib memakai masker, membawa perlengkapan ibadah sendiri, serta tidak melakukan kegitan bersalaman setelah salat.

Kegiatan ibadah di masjid atau musala juga dibatasi maksimal sampai dengan pukul 21:00 WIB dan melaksanakan disinfektasi tempat ibadah secara periodik minimal tiga hari sekali. Bagi jemaah yang sedang flu, batuk khususnya warga lanjut usia atau lansia yang kurang sehat sebaiknya salat di rumah.

Selanjutnya, kegiatan tilawah atau tadarus Al-Quran dilaksanakan secara terbatas, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dan diselenggarakan maksimal hingga pukul 21:00 WIB. Untuk acara berbuka puasa bersama di lembaga pemerintah, lembaga swasta, masjid, musala dan tempat-tempat lainnya ditiadakan.

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds