Tahun Ajaran Baru, Uji Coba Belajar Tatap Muka di Kota Depok 12 Juli

Ilustrasi kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Ilustrasi kegiatan belajar mengajar di sekolah.


POJOKJABAR.com, DEPOK – Kepastian yang ditunggutunggu orang tua siswa datang juga. Pemerintah kota (Pemkot) Depok, menyebut bertepatan dengan tahun ajaran baru pendidikan 2020/2021. Uji coba pembelajaran tatap muka bisa dilakukan secara bersamaan. Jadi, satu kelas akan diisi 16-18 siswa atau 50 persen dari jumlah rombongan belajar (Rombel).

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono menegaskan, sebelum diadakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Kota Depok akan menggelar terlebih dahulu uji coba. PTM nantinya mengikuti aturan dari Pemerintah Pusat. Yaitu, pada Juli mendatang akan diadakan PTM, apabila syaratnya sudah zona hijau.

”Apabila pada Agustus belum juga zona hijau, maka yang zona kuning sudah boleh. Maka doakan, Kota Depok sekarang ini sudah zona oranye dan mudah-mudahan kedepannya kuning, kemudian setelah Juli sudah bisa zona hijau,” tutur Imam kepada Harian Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Rabu (07/04/2021).

Imam menjelaskan, kalaupun Kota Depok sudah zona hijau, maka PTM tetap harus dilaksanakan secara bertahap. Yang artinya, dalam satu ruangan tidak boleh full, maksimal terisi 50 persen dari jumlah siswa.

”Contohnya nomer absen 1 sampai 16 bisa PTM di Senin dan Rabu. Kemudian nomer absen 18-30 bisa di Selasa dan kami,” lanjutnya.

Imam mengatakan, akan melakukan uji coba sebelum PTM dimulai. Dari hasil ujicoba tersebut akan dilakukan evaluasi. Agar jangan sampai ketika PTM sudah dimulai nantinya malah menimbulkan klaster baru.

”Jangan sampai nantinya malah kita sudah turun sampai zona kuning malah ada kluster baru lagi,” tambahnya.

Kemudian, Imam mengungkapkan, apabila ada orangtua yang tidak mengizinkan anaknya untuk melaksanakan PTM. Maka, bisa tetap melaksanakan pembelajaran secara online atau virtual, sehingga tidak ada unsur paksaan.

”Ditambah lagi, nantinya kalau ada guru atau murid yang sakit tidak diperbolehkan untuk masuk ke sekolah. Walaupun hanya batuk atau flu, kalau dulu kan masih boleh masuk, sekarang di kondisi seperti ini tidak boleh, tunggu sampai sembuh,” ucap Imam.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, berdasarkan keputusan bersama saat ini pihaknya sedang mempersiapkan kesiapan sekolah untuk PTM.

“Insha Allah akan dilaksanakan uji coba pada tahun ajaran baru pada Juli, kalau tidak salah tanggal 12. Namun sekarang kami masih fokus persiapan dulu terhadap sarana prasarana,” tuturnya Thamrin kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Rabu (07/04/2021).

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds