Tahun Ini, Disrumkim Kota Depok Tambah Tiga Ruang Terbuka Hijau

Salah satu taman yang berada di kota depok.

Salah satu taman yang berada di kota depok.


POJOKJABAR.com, DEPOK – Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Depok kembali ditambah tahun ini. Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok rencananya akan membebaskan tiga bidang lahan, dengan anggaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021 sebesar Rp14 miliar.

Kepala Bidang Pertanahan Disrumkim Kota Depok, Usep mengatakan, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021, Disrumkim masih konsen dalam melanjutkan pengadaan lahan untuk pembuatan RTH. Tahun ini rencananya akan dibuat sebanyak tiga RTH.

“Yang tersebar di Keluruhan Tugu, Kelurahan Cimpauen, dan Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS),” tuturnya kepada Harian Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Selasa (02/03/2021).

Luas lahan yang akan dijadikan RTH minimal adalah 500 meter dan mengutamakan lahan kosong. Namun, apabila tidak memungkinkan adanya lahan kosong, rumah tempat tinggal warga yang akan dilakukan penggusuran.

“Anggaran untuk pengadaan tiga RTH adalah sebesar Rp14 miliar. Dan kami mengutamakan pengadaan lahan di lahan kosong. Namun, kalau tidak memungkinkan pakai rumah tinggal warga,” ujarnya.

Lebih lanjut, selain melakukan pengadaan lahan untuk RTH, Disrumkim Kota Depok juga akan melakukan pengadaan lahan untuk pembangunan posyandu. Anggaran yang tersedia untuk pengadaan lahan adalah Rp400 juta.

“Kami akan melakukan dua pengadaan lahan untuk posyandu. Satu di Kelurahan Cisalak dan Kelurahan Abadijaya,” ucapnya.

Luas lahan yang dibutuhkan untuk pengadaan lahan posyandu adalah seluas 50 meter sampai 100 meter. Luas tersebut masih disesuaikan dengan ketersediaan lahan yang ada dan juga ketersediaan anggaran.

“Kalau untuk tahun lalu, kami melakukan pengadaan lahan untuk posyandu ada satu,” sambungnya.

Disrumkim Kota Depok akan bekerjasama dengan dinas terkait untuk pembangunan RTH dan Posyandu. Selain itu, Disrumkim Kota Depok juga telah melakukan rapat sosialisasi kegiatan pengadaan tanah di 2021 bersama dinas terkait pada Senin (1/3).

(RD/dis/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds