Musim Penghujan, Harga Cabai-cabaian di Kota Depok Tambah Pedas

Ilustrasi Cabai .

Ilustrasi Cabai .


POJOKJABAR.com, DEPOK – Cuaca yang kini memasuki musim penghujan, ternyata juga berdampak pada pasokan kebutuhan pokok. Salah satunya harga cabai yang mulai merangkak naik sejak beberapa hari ini. Selasa (23/2), disejumlah pasar tradisional harga cabai perkilonya kini mencapai Rp110 ribu.

Salah satu pedagang di Pasar Cisalak, Rina menyebutkan, memang harga cabai sudah meningkat beberapa hari lalu, tetapi masih terbilang aman dan belum terlalu signifikan. Harga cabai merah keriting dari harga Rp60 ribu saat ini dijual sekitar Rp75 ribu perkilonya.

“Sedangkan, untuk cabai merah besar mengalmi kenaikan hanya sekitar Rp6.000. Dari Rp25 ribu kini Rp31 ribu,” ucapnya kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Selasa (23/02/2021).

Sedangkan, untuk cabai rawit hijau, Rina mengatakan justru mengalami penurunan harga dari Rp65 ribu kini menjadi Rp 60 ribu untuk perkilonya.

”Kami juga tidak tahu pasti, apa penyebab ternjadinya kenaikan cabai. Tetapi, kalau ditempat saya pembeli juga tetap stabil. Karena memang cabai kebutuhan yang paling dicari, sehingga walaupun naik tetapi peminatnya tetap banyak,” terangnya.

Sementara, pedagang di Pasar Tugu, Suprayogi menyebutkan, cabai merah keriting, merah besar dan cabai rawit hijau masih stabil dan tidak ada peningkatan.

”Tetapi, untuk harga cabai rawit merah mengalami peningkatan dari sebelumnya Rp 110ribu kini naik menjadi Rp 120 ribu. Ada peningkatan hingga Rp10 ribu,” tuturnya.

Menurutnya, harga cabai bisa meningkat karena faktor cuaca yang menyebabkn terhambatnya pengiriman pasokan, sehingga harganya pun mengalami peningkatan.

”Mungkin karena cuaca yang sering hujan, pengantaran pasokan juga terganggu. Tetapi kami juga kurang tahu secara pastinya,” tuturnya.

Terpisah, pedagang sayuran dan cabai di Pasar Agung, Muhammad Fatan (38) mengatakan, kenaikan cabai yang paling drastis adalah jenis rawit merah. Satu kilonya, bisa mencapai Rp110 ribu.

”Biasanya Rp80 ribu di pasar Induk, sekarang jadi Rp110 ribu. Itu juga oplosan merah sama yang putih juga. Kalau yang merah semua dan bagus bisa Rp130 ribu,” katanya kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Selasa (23/02/2021).

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds