38 Penyintas Covid-19 di Kota Depok Antre Donor Plasma Kovalesen, Walikota Depok Sudah Diskrining

Walikota Depok Mohammad Idris menjadi calon pendonor plasma konvalesen dan tengah melakukan pengambilan sampel darah di kediamannya, Senin (25/1). Ist

Walikota Depok Mohammad Idris menjadi calon pendonor plasma konvalesen dan tengah melakukan pengambilan sampel darah di kediamannya, Senin (25/1). Ist


POJOKJABAR.com, DEPOK – Penyintas Virus Corona (Covid-19) Kota Depok ramai-ramai ingin mendonorkan plasma kovalesen. Senin (25/1) perdana dibuka donor, sudah lima yang berhasil diambil plasmanya. Sementara, masih ada 16 penyintas sudah diskrining (Pemerikaan kesehatan), dan 22 penyintas antre menunggu skrining.

Walikota Depok, Mohammad Idris yang merupakan salah satu calon pendonor plasma konvalesen mengatakan, pencanangan ini, merupakan salah satu upaya membantu masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pasalnya, donor plasma ini sudah dipelajari secara medis sebagai terapi pemulihan bagi pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

“Donor ini dilakukan seseorang yang telah terpapar Covid-19. Menurut medis, selama masih ada antibodi dua sampai tiga bulan, maka ia bisa mendonorkan darahnya untuk pasien Covid,” ujarnya.

Sementara, Kepala Unit Donor Darah (UDD) Kota Depok, Widya Astriyani mengatakan, berdasarkan data seharusnya ada delapan orang yang akan melakukan donor plasma konvalesen pada hari ini (kemarin). Namun, yang terlaksana baru lima orang.

“Kami sudah jadwalkan, ada delapan calon pendonor hari ini. Namun, dari delapan calon pendonor, ada yang belum siap hari ini,” tuturnya kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Senin (25/01/2021).

Berdasarkan jadwal yang telah ditentukan PMI Depok, proses donor plasma konvaselen dimulai sejak pukul 9:00 WIB sampai 15:25 WIB. Dan tiap pendonor memerlukan waktu sekitar 30 sampai 45 menit untuk transfusi plasma konvalesennya.

“Kami memiliki satu mesin alat untuk transfusinya. Jadi, pendonor nantinya bergantian. Makanya, kami beri jadwal,” ujarnya.

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds