Delapan Penyintas Corona di Kota Depok Donor Plasma Konvalesen

Virus Corona

Virus Corona


POJOKJABAR.com, DEPOK – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok tengah mempersiapkan jalannya donor darah plasma konvalesen yang akan dilaksanakan perdana, pada Senin (25/1) di Kantor PMI Kota Depok.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok, Widya Astriyani mengatakan, untuk donor darah plasma konvalesen besok, ada delapan penyintas yang siap. Dan sebelumnya sudah melakukan berbagai tahapan yang cukup panjang dan ketat. Seperti pengecekan titer antibodi, pengecekan penyakit menular, DNA virus, hepatitis, skrining antibodi, dan lainnya.

“Kebetulan kalau untuk di Depok, baru akan mulai donor darah plasma konvalesen besok. Calonnya sudah ada delapan orang, ada yang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan ada juga masyarakat biasa. Mereka tentunya sudah melakukan berbagai tahapan sebelumnya,” tuturnya kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Minggu (24/01/2021).

Lebih lanjut, Widya menjelaskan, pengambilan plasma dari penyintas Covid-19 berbeda dengan pengambilan darah pada umumnya. Hal itulah yang menyebabkan dilakukan proses panjang, sebelum dilakukan pendonoran.

“Inikan berbeda dari pengambilan darah pada umumnya. Jadi prosesnya juga agak panjang,” jelasnya.

Hasil pemeriksaan para penyintas yang ingin mendonor kemudian akan dikirimkan dulu kepusat. Kemudian, hasilnya baru akan keluar setelah dua sampai tiga hari. Nantinya, para calon pendonor akan dihubungi kembali oleh PMI Depok jika hasil darahnya lolos dari seluruh tahapan skiring.

“Setelah itu, para calon pendonor akan dijadwalkan kapan pengambilan plasma konvalesennya,” lanjutnya.

Terdapat dua metode dalam donor darah plasma konvalesen. Yang pertama adalah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk menghubungi penyintas. Dan yang kedua, lewat pendaftaran Google Form (Gform) yang disebar melalui Whatsapp group.

“Kami sudah mulai sebar link Gformnya lewat teman-teman dan group,” sambungnya.

Di akhir, Widya berharap, semoga para penyintas yang ada di Depok bias tergerak hatinya untuk membantu pasien Covid-19. Karena mereka sendiri pernah merasakan menjadi pasien dan pejuang Covid-19.

“Diharapkan, Depok bias membantu secara nasional juga. Karenakan warga Depok juga banyak yang terinveksi dan sudah sembuh,” tegasnya.

Salah satu penyitas, Dede Hidayat menyebut, donor plasma ini benar-benar sangat membantu. Dia sangat mendukung dengan adanya donor tersebut. Malah bila diizinkan, pria yang menjabat Camat Bojongsari ini akan mendaftarkan diri sebagai pendonor plasma.

“Saya sangat mendukung ini demi kemanusiaan dan membantu pasien yang belum sembuh. Saya juga mengajak semua penyitas untuk bersedia diplasma,” tandasnya singkat.

Perlu diketahui, calon pendonor darah plasma konvaselen harus memiliki berat badan minimal 60 kg, sehat, sudah sembuh dari Covid-19, bebas gejala selama 14 hari, laki-laki dan perempuan yang belum pernah hamil, berusia18 sampai 60 tahun, tidak memiliki penyakit penyerta.

(RD/dis/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds

ilustrasi-miras

MPR RI Blak-blakan Soal Perpes Miras

Jadi, demi melindungi seluruh rakyat Indonesia, sebagaimana perintah konstitusi, dan untuk kemaslahatan terbesar bagi rakyat dan NKRI, juga sesuai dengan …