Tetap Waspada, Tiga Hari Kota Depok Masih Hujan Disertai Angin

Situ Cilodong, Kecamatan Cilodong.

Situ Cilodong, Kecamatan Cilodong.


POJOKJABAR.com, DEPOK – Warga Depok harus terus mawas diri dalam melakukan aktivitas di rumah maupun di luar. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mewaspadai potensi peningkatan curah hujan sepekan mendatang.

Kabag Humas BMKG Pusat, Akhmad Taufan Maulana menerangkan, Kota Depok masuk dalam dau wilayah dengan cuacayang kadang cukup berbeda yaitu Jabodetabek (lebih ke DKI Jakarta), serta Jawa Barat. Sehingga keseriusan dalam menjaga diri senjak dini sangat di perlukan.

“Kalau menurut catatan dalam tiga hari ke depan, hujan ringan, hujan lebat, serta waspada angin kencang. Sosialisasi kepada masyarakat sangat penting,” terangnya kepada Harian Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Senin (07/12/2020).

Pihaknya juga mencatat, sejauh ini pintu katulampa masih dalam aman, yaitu curah hujan di sekitarnya masih sekitar 26 mm. Ditelusuri, mm adalah ketinggian curah hujan yang terkumpul dalam penakaran hujan sebuah tempat.

Diinformasikan, 0 mm perhari (abu-abu) : Berawan, 0,5 – 20mm perhari (hijau) : Hujan ringan, 20 – 50 mm perhari (kuning) : Hujan Sedang, 50 – 100 (oranye) : Hujan Lebat, 100 – 150 mm (merah) : Hujan sangat lebat, 150 dan seterusnya : Hujan ekstrem.

Dia meminta kepada seluruh relawan maupun badan penanggulangan daerah untuk secara aktif memperbarui informasi soal cuaca, karena setiap saat selalu berubah.

“Tentu minta bantuan kepada masyarakat, relawan, untuk bersatu padu mengantisipasi cuaca ke depan ini,” ungkap Taufan.

Sementara itu, Koordinator Yayasan Sahabar Ciliwung, Hidayat Al Ramdani menambahkan, koordinasi setiap saat selalu dilakukan baik dengan relawan Bogor, pemerintah Depok dan Bogor, untuk selalu mengetahui perkembangan Sungai Ciliwung.

“Alhamdulilah antisipasi selalu kita lakuin,setiap titik yang melintasi Depok, dari perbatasan sama Bogor sampai Jakarta,” katanya.

Upaya antisipasi terlihat dari relawan Ciliwung yang rajin berlatih, pengecekan kondisi bantaran Ciliwung, hingga melakukan perawatan kapal karet.

(RD/arn/pojokjabar)

Daftar untuk Tonton Launching Motor Honda New PCX Klik Disini
Loading...

loading...

Feeds