Siap Suntik 298.103 Jiwa, Kota Depok Kekurangan Vaksinator Corona

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi tenaga kesehatan saat simulasi pemberian vaksin covid-19 pada seorang warga, di Puskesmas Tapos, Kecamatan Tapos, Jumat (22/10).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi tenaga kesehatan saat simulasi pemberian vaksin covid-19 pada seorang warga, di Puskesmas Tapos, Kecamatan Tapos, Jumat (22/10).


POJOKJABAR.com, DEPOK – Suntik Vaksin Sinovac yang digaungkan Provinsi Jawa Barat (Jabar) sudah disiapkan 298.103 bagi masyarakat. Cairan yang dinilai ampuh menangkal virus mematikan itu masih diuji Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM), dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sayangnya, keseriusan lahirnya harapan baru tak diiiringi dengan tenaga kesehatan (Nakes) atau vaksinator di Kota Depok. Ketua Divisi Manajemen Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Jabar, Marion Siagian mengatakan, ada 298.103 masyarakat di Kota Depok yang akan diberikan vaksin. Namun, dari jumlah vaksin yang akan diberikan, untuk kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) hingga Oktober ini. Baru satu nakes di setiap puskesmas yang ada di Kota Depok.

“Berdasarkan perhitungan masih kurang nakes vaksinatornya,” jelasnya singkat kepada Harian Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Kamis (22/10/2020).

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita membenarkan, tenaga vaksinator yang telah di latih di Kota Depok masih sedikit jumlahnya. Dari jumlah nakes dan non nakes yang ada di Kota Depok, baru 40 tenaga vaksinator yang telah dilatih.

“Jumlah itu meliputi, 38 dari tiap-tiap Puskesmas dan dua orang dari Dinkes,” tuturnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Depok ini menjelaskan, nantinya, 40 vaksinator tersebut akan On Job Training (OJT) kepada tenaga-tenaga lainnya yang akan membantu vaksinasi.

”40 vaksinator yang sudah dilatih, diharapkan bisa juga memberikan pembelajaran kepada nakes ataupun non nakes yang akan menjadi vaksinator,” terangnya.

Terkait kasus positif covid-19, kini Depok sudah memasuki zona oranye. Bahkan, ada satu kecamatan yang sudah berzona kuning.

”Dari 11 Kecamatan, saat ini sudah ada satu kecamatan dengan zona kuning, yaitu Kecamatan Cinere,” paparnya.

Dalam mempersiapkan saat hari penyuntikan vaksin Korona, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melihat simulasi vaksin yang dilakukan di UPTD Puskesmas Tapos, Kamis (22/10). Pantauan Radar Depok, sebelum melihat simulasi, Mantan Walikota Bandung ini terlebih dahulu mengadakan brifieng terkait simulasi vaksin di aula Kantor Kecamatan Tapos.

Loading...

loading...

Feeds