Keluarga Garda Terdepan Pencegahan Covid-19

Ilustrasi Covid-19

Ilustrasi Covid-19


POJOKJABAR.com, DEPOK – Keluarga memiliki peran yang signifikan dan pencegahan serta penanggulangan covid-19. Keluarga juga mempunyai posisi strategis, menjadi garda terdepan, mengedukasi, sosialisasi dan pembinaan individu agar senantiasa berdisiplin terhadap protokol pencegahan covid-19 dimulai di dalam keluarga.

Hal itu disampaikan Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga DPD PKS Kota Depok, T. Farida Rachmayanti. Selain itu lanjut Farida, arus dan update informasi terkait pandemi menjadi urgent untuk dipahami keluarga.

Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga DPD PKS Kota Depok melalui Program Rumah Keluarga Indonesia (RKI), dalam masa pandemi ini telah menyelenggarakan berbagai kegiatan online, yang bertujuan memberikan informasi dan mengedukasi.

“Kegiatan ini ditujukan bagi fungsionaris perempuan PKS, tokoh perempuan Kota Depok, dan masyarakat umum, melalui webinar online, sarasehan online, dan ngobrol online,” ungkap Farida kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Rabu (23/09/2020).

Farida melanjutkan, webinar online digelar beberapa waktu lalu diikuti oleh seluruh fungsionaris perempuan di tingkat kota hingga ranting. Dengan tema Cegah Covid-19 Jilid 2. Kemudian sarasehan online tokoh perempuan Kota Depok, mengambil tema Bersama Sukseskan Pencegahan Covid-19 di Kota Depok. Giat ini diikuti oleh 40 tokoh perempuan yang mewakili forum, ormas, komunitas, profesional, entrepreneur, hingga majelis taklim.

Farida menyebutkan, dari sarasehan online ini ada beberapa rekomendasi yang disampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita yang menjadi salah satu narasumber, serta Dadang Wihana yang mewakili Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Depok. Salah satu rekomendasinya yaitu meningkatkan edukasi dan sosialisasi terkait pencegahan covid-19 di masyarakat.

“Kemudian menjadikan keluarga sebagai satgas terdepan pencegahan covid-19. Mengantisipasi dampak covid-19 di sektor ekonomi, pendidikan, dan mengatasi masalah stigma,” ucap Farida.

Sementara itu, Ketua Rumah Keluarga Indonesia Kota Depok, Nikendriningrum menambahkan, rekomendasi lainnya yaitu memberikan perhatian dan perlindungan khusus kepada anak-anak, lansia dan masyarakat yang punya penyakit bawaan.

“Tentu diperlukan perhatian dan perlindungan khusus kepada anak-anak, lansia dan masyarakat yang punya penyakit bawaan,” ujar Nikendriningrum.

Sebelumnya, digelar pula giat online ketiga program Rumah Keluarga Indonesia Kota Depok, berupa Ngobrol Online, beberapa waktu lalu. Dengan tema obrolan online pertama tentang Belajar Dari Rumah, Menyenangkan atau Menyulitkan. Kemudian obrolan online kedua baru digelar pada Senin (21/9), bertemakan tentang Keluarga Sehat dan Kuat Menghadapi Pandemi, dengan narasumber Dr Fakhrurrazi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Depok.

(RD/gun/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds