Tilang Elektronik di Kawasan Jalan Raya Margonda Berlaku Pekan Depan

Tampak terlihat kamera pemantau sistem tilang elektonik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di kawasan Jalan Margonda Raya, Senin (21/9).

Tampak terlihat kamera pemantau sistem tilang elektonik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di kawasan Jalan Margonda Raya, Senin (21/9).


POJOKJABAR.com, DEPOK – Sitem Tilang Elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) kini sudah terpasang di kawasan Jalan Raya Margonda, tepatnya di Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) depan kantor Balaikota Depok. Namun, saat ini ETLE masih dalam tahap sosialisasi dan Uji coba.

Kasatlantas Polresta Depok, Kompol Erwin Aras Genda menyebutkan, pada minggu ini ETLE masih dalam tahap sosialisasi dan penyempurnaan. Sedangkan penerapan sistem ETLE baru diberlakukan pada pekan depan.

“Sekarang belum ada penilangan, nantinya pekan depan akan ada penambahan CCTV di beberapa titik. Salah satunya di Simpang Ramanda,” ungkap Kompol Erwin kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id).

Ia menilai, sistem ETLE ini nantinya akan memudahkan proses penilangan. Karena pembayaran pun melalui online, dan tidak melalui kejaksaan seperti tilang manual.
Terkait hal itu, sejumlah pengendara menyampaikan komentar yang beragam. Seperti disampaikan pengendara yang melintas di Margonda, Rizky. Ia mengaku, baru mengetahui adanya sistem ETLE tersebut.

“Iya saya baru tahu di situ ada kamera, belum ada informasi apa-apa soal tilang elektronik ini,” ungkap Rizky kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id).

Pengendara lainnya, Rahman mengaku, sudah mengetahui akan adanya sistem ETLE di Margonda. Tetapi menurutnya, hal itu belum maksimal. Karena jumlah CCTV yang dipasang masih sedikit.

“Harusnya jangan di satu titik saja pemasangan kameranya, perlu di banyak titik. Karena Depok ini banyak orang yang melanggar lalu lintas,” tegas Rahman.

Rahman berharap dengan adanya ETLE ini masyarakat bisa lebih sadar akan pentingnya patuh terhadap lalu lintas.

Terpisah, Kanit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Metro Depok, AKP Elly Padiansari menuturkan, tak lama lagi kamera ETLE yang terpasang di JPO Margonda akan digunakan.

“Kamera Tilang Elektronik akan dilaunching pada 25 September 2020,” ujar Elly kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Senin (21/09).

Saat ini kamera ETLE masih memasuki penerapan sistem, namun kamera tersebut sudah siap digunakan. Setelah dilakukan launching, CCTV ETLE akan dilakukan uji coba sebelum dilakukan penerapan tilang elektronik.

Elly menuturkan, Satlantas Polres Metro Depok masih melakukan sosialisasi terkait keberadaan kamera ETLE. Nantinya, apabila sudah dilakukan penerapan kebijakan tilang elektronik, masyarakat sudah mengetahui dan memahami guna tertib berlalu lintas di Jalan Raya Margonda.

“Sekarang masih tahap sosialisasi mungkin setelah dilaunching akan diujicoba. Tapi, belum mendapatkan informasi masa uji coba kamera tersebut,” tutupnya.

(RD/cr2/dic/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds