Korban Kebakaran di Depok Jaya Dapat Bantuan

Warga berada di dekat rumah yang terbakar karena diduga akibat korsleting listrik di kawasan Perumnas Depok 1, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Senin (21/9).

Warga berada di dekat rumah yang terbakar karena diduga akibat korsleting listrik di kawasan Perumnas Depok 1, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Senin (21/9).


POJOKJABAR.com, DEPOK – Korban kebakaran di Jalan Jambu VII RT01/01, Kelurahan Depok Jaya sudah diungsikan sejak Minggu (20/9/2020). Sementara, empat dari enam keluarga akan tinggal di posyandu dan kantor sekretariat RT. Sisanya, bersama keluarga terdekat.

Tidak hanya itu, mereka juga sudah mendapatkan bantuan dari sejumlah pihak. Lurah Depok Jaya, Herman mengatakan, para korban kebakaran telah mendapat bantuan dari Pemkot Depok, LPM, RT/RW, Damkar, serta Dinas Sosial.

“Ada enam keluarga atau 19 orang diungsikan dan sudah dapat bantuan,” ungkap Herman kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Senin (21/09/2020).

Ia melanjutkan, dua keluarga diungsikan ke Posyandu RW01, dan dua lainnya ke kantor Sekretariat RT. Sedangkan sisanya memilih tinggal di rumah keluarga terdekat.

Herman mengatakan, untuk kebutuhan sandang dan pangan para korban kebakaran juga sudah disediakan di tempat penampungan. Etua RW01 berencana akan menyewakan rumah bagi korban.

“Ada tiga rumah yang akan kami sediakan,” bebernya.

Empat keluarga yang tinggal di tempat penampungan, akan dipindahkan ke rumah tersebut. Tujuannya agar mereka nyaman. Selain itu, Pemerintah akan memberikan bantuan perbaikan rumah.

“Kami berupaya secepatnya dilaksanakan,” tandasnya.

Sebelumnya, Anggota DPRD Kota Depok, Hafid Nasir memfasilitasi Baznas Kota Depok dalam menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran.

“Saya mencoba untuk mengadvokasi Baznas, diharapkan bantuannya bisa konkret. Baznas sebagai mitra Pemkot Depok bisa mengoptimalkan perannya untuk bisa membantu korban kebakaran,” ucap Hafid kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Senin (21/09/2020).

Meski begitu lanjut Hafid, Baznas sudah sering kali membantu warga yang membutuhkan, misalnya membantu perbaikan Rumah Tidak layak Huni (RTLH). Ia berharap apa yang disampaikan Baznas bisa membantu warga yang membutuhkan.

“Perlu sosialisasi mitigasi bencana kebakaran, misalnya penyediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) harus selalu tersedia. Tapi saya apresiasi kepada warga sekitar yang guyub dalam menanggulangi kebakaran,” terangnya.

Diketahui, bantuan untuk korban kebakaran juga datang dari Walikota Depok, Mohammad Idris, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna, Dinas Sosial, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, dan dari unsur lainnya.

(RD/mg1/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds