Mulai Hari Ini, Pengguna KRL Wajib Pakai Masker Kain Tiga Lapis

Sejumlah penumpang KRL Commuter Line menggunakan masker dan pelindung wajah saat keluar Stasiun Depok Lama, Kecamatan Pancoranmas. Dok

Sejumlah penumpang KRL Commuter Line menggunakan masker dan pelindung wajah saat keluar Stasiun Depok Lama, Kecamatan Pancoranmas. Dok


POJOKJABAR.com, DEPOK – PT (Kereta Commuter Indonesia (KCI) mewajibkan pengguna kereta rel listrik (KRL) commuter line menggunakan masker kain tiga lapis. Itu adalah bentuk dukungan kepada pemerintah dalam memerangi penyebaran virus Corona (Covid-19).

“Hal itu sesuai dengan berbagai penelitian yang telah dilakukan mengenai jenis masker yang efektif,” ujar Vice President Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia, Anne Purba.

Kebijakan menggunakan masker kain tiga lapis, lanjut Anne akan diterapkan mulai 21 September 2020. Mengingat tujuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran Covid-19, PT KCI mengajak masyarakat beraktifitas di rumah. Apabila terdapat kebutuhan mendesak, masyarakat diminta untuk menggunakan masker dengan pemakaian yang tepat, yakni menutupi hidung dan mulut hingga ke dagu.

Anne menjelaskan, selama PSBB PT KCI tetap mengoperasikan KRL Commuterline sebagai sarana transportasi publik, namun terdapat jam pengaturan perjakanan KRL. Dalam pengenaan masker, masyarakat untuk tidak menggunakan masker scuba maupun buff. Untuk pengenaan masker kain, minimal memiliki dua lapis, sehingga mencegah penyebaran melalui droplet maupun cairan.

Selain itu lanjutnya, upaya pencegahan penyebaran Covid-19, PT KCI rutin membersihkan KRL dan penyemprotan disinfektan usai KRL melakukan perjalanan pelayanan. PT KCI memberikan pembatasan pengguna KRL untuk usia 60 tahun ke atas, dapat memanfaatkan transportasi KRL mulai pukul 10:00 hingga 14:00 WIB.

“Untuk sementara anak usia lima tahun belum diperbolehkan menggunakan KRL Commuterline,” tuturnya.

Loading...

loading...

Feeds