Pandemi Covid-19, Omzet Tanaman Hias di Kota Depok Meningkat

Tanaman-Hias. Foto: Net (Ist)

Tanaman-Hias. Foto: Net (Ist)


POJOKJABAR.com, DEPOK – Dua bulan terakhir selama pandemi Covid-19, pedagang tanaman hias di Jalan Bungur Raya Kecamatan Beji ketiban rezeki. Omzet yang mereka dapatkan mencapai jutaan rupiah, atau sekitar 15 persen dari penghasilan biasanya.

Pedagang tanaman hias di Jala Bungur Raya, Aad Madsurohman menuturkan, penjualan tanaman hias mulai ramai sejak pemberlakuan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Mungkin warga jenuh di rumah terus, ada yang beralih bercocok tanam,” ucap Aad kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id).

Di tempatnya, tanaman yang paling dicari yaitu jenis Monstera Varigata dan Aglonema. Selain tampilannya unik, karena memiliki dua warna. Aglonema ia bandrol mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per pot.

Aglonema juga memiliki ragam jenis serta motif daun yang menarik. Seperti goliat, lotus delight, hello kitty dan legasi mangkok. Menurut Aad tanaman tersebut menjadi salah satu primadona pemburu tanaman.

“Monstera Varigata saya jual mulai Rp2 juta, kita hitung per daun. Kalau Aglonama tergantung jenis, paling murah Rp150 ribu hingga jutaan rupiah,” terang Aad.

Sedangkan perawatannya tidak mudah. Satu minggu sekali rutin diberi vitamin tanaman, dan penyiraman hanya dua hari sekali agar daun Aglonema tetap segar. Ia mengaku, setiap harinya ada puluhan pengunjung yang datang untuk membeli tanaman hias.

Ia mengaku, tanaman yang dijual merupakan tanaman import. Namun, saat ini pasar import sedang ditutup. Sehingga tanaman dari luar negeri tidak ada yang masuk ke Indonesia.

“Harganya bisa tinggi, karena tanaman dari Thailand dan Jepang tidak bisa masuk. Kalau pasar itu dibuka, harga tanaman di sini bisa anjlok,” ungkapnya.

Salah satu pengunjung kios tanaman hias di Jalan Bungur Raya, Sinta mengaku, saat ini sedang menggandrungi tanaman hias. Ia juga mengaku sedang menyusun taman dengan tanaman hias yang sering dibelinya.

“Kan saat ini PSBB, jadi cari kesibukan aja di rumah dengan bercocok tanam dengan tanaman hias,” kata Sinta.

(RD/rub/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds