Salah Edit, Spanduk Pejabat Kota Depok Dicopot Diskominfo

Kadiskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono menunjukan desain spanduk yang diberikan ke vendor terkait viralnya kesalahan spanduk bermasker pejabat Kota Depok,(9/7/2020).

Kadiskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono menunjukan desain spanduk yang diberikan ke vendor terkait viralnya kesalahan spanduk bermasker pejabat Kota Depok,(9/7/2020).


POJOKJABAR.com, DEPOK – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok mengklarifikasi, terkait kesalahan desain spanduk pejabat Kota Depok, Kamis (9/7/2020). Setelah diteliti kesalahan desain spanduk, merupakan murni kesalahan vendor yang bekerjasama dengan Diskominfo.

Kapala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono menjelaskan, spanduk berisi kalimat ucapan selamat Idul Fitri yang sempat viral, merupakan kesalahan vendor. Spanduk yang terpasang di depan pintu masuk Terminal Jatijajar, Depok, sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan Diskominfo sebelum diberikan kepada vendor.

“Kami sudah memeriksa dan pejabat yang terpasang di spanduk mengenakan masker,” ujar Sidik Mulyono kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id).

Sidik menjelaskan, pada 20 Mei telah berkomunikasi kepada vendor. Pencetakan spanduk dan pemasangan diberikan kepada vendor. Namun, Sidik tidak mengetahui secara pasti hasil dari pencetakan, ada beberapa pejabat pengenaan maskernya melenceng dari wajah pada foto spanduk tersebut.

Baca Juga:

Pejabat Depok Ketahuan Tidak Pakai Masker Gara-gara Spanduk Salah Edit

Menurutnya, keselahan pencetakan dan pemasangan merupakan unsur kesalahan teknis dan tidak ada kesengajaan. Umumnya, setelah dilakukan pencetakan dan pemasangan spanduk, terdapat tim yang melakukan pengecekan dan memberikan laporan. Namun dikarenakan tim tersebut diberlakukan Work From Home, sehingga saat spanduk di pasang tidak ada yang memberikan laporan.

“Namun baru beberapa hari lalu spanduk tersebut menjadi viral di media sosial,” terangnya.

Sidik mengapresiasi kepada netizen telah menginformasikan, dan dia meminta maaf atas kenyamanan spanduk yang terpasang di Terminal Jatijajar. Atas hal tersebut, Diskominfo Kota Depok telah menurunkan spanduk yang menjadi viral di Kota Depok.

Foto pejabat yang terpasang di spanduk didapatkan dari pustaka yang dimiliki Diskominfo Kota Depok. Namun, foto tersebut tidak mengenakan masker, sehingga pihaknya berinisiatif memberikan masker pada tiap foto pejabat Kota Depok. Dikarenakan tidak memiliki foto pejabat Kemenag Kota Depok, yakni Asnawi yang mengenakan masker. Diskominfo Kota Depok berinisiatif mengedit foto tersebut dengan mengenakan masker.

“Tidak ada yang salah pada hasil editan yang diberkan kepada vendor, namun setelah dicetak hasilnya menjadi viral,” ucap Sidik Mulyono.

Sidik mengaku, telah memberikan peneguran kepada vendor. Atas kejadian tersebut, menjadikan bahan evaluasi terhadap vendor yang diberikan tanggungjawab, terkait pencetakan dan pemasangan spanduk para pejabat di Kota Depok.

(RD/dic/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds