Cegah Penyebaran Covid-19, Terminal Jatijajar Sediakan Ruang Isolasi

Tampak terlihat bus terparkir di kawasan Terminal Jatijajar, Kecamatan Tapos. Radar Depok

Tampak terlihat bus terparkir di kawasan Terminal Jatijajar, Kecamatan Tapos. Radar Depok


POJOKJABAR.com, DEPOK – Mencegah penyebaran Covid-19 di Terminal Jatijajar Kota Depok. Selasa (7/7/2020), terminal tipe A ini menyediakan ruang isolasi bagi penumpang yang meiliki ciri-ciri terpapar Virus Korona. Nantinya, diruangan tersebut penumpang akan mendapatkan penanganan medis.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, sesuai dengan surat dari BPTJ, Terminal Jatijar sudah beroperasi kembali. Satu hari setelah berakhirnya PSBB sudah beroperasi, baik bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

“AKDP sudah lebih dulu beroperasi saat Terminal Jatijajar kembali dibuka,” ujar Dadang Wihana kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Selasa (07/07/2020).

Dadang menjelaskan, beroperasinya bus AKAP dan AKDP harus mengikuti protokol Covid-19. Setiap bus yang yang beroperasi dan mengangkut penumpang, hanya mengangkut penumpang sekitar 50 hingga 70 persen kapasitas penumpang. Selain itu, Terminal Jatijajar telah menyiapkan ruangan isolasi.

Menurutnya, ruangan isolasi diperuntukan yang diindikasikan suhu tubuhnya tinggi, akan dilakukan isolasi baik keberangkatan maupun kedatangan bus, terutama daerah yang dikatagorikan zona merah. Pihaknya, akan melakukan ekstra pengawasan dan koordinasi dengan BPTJ terkait penumpang yang berasal dari zona merah.

“Kami tidak ada pengecualian bus yang beroperasi di Terminal Jatijajar,” terang dia.

Tidak hanya itu, lanjut Dadang, setiap bus diminta untuk memberikan manifest penumpang dan alamat. Nantinya, apabila terjadi sesuatu pihaknya telah memiliki bank data. Lebih hematnya, saat penumpang turun dari bus di Terminal Jatijajar dan terjadi hal yang tidak diinginkan, pihaknya akan melakukan isolasi dengan jalur khusus di Terminal Jatijajar.

“Nantinya akan diberikan jalur khusus menuju ruangan isolasi,” tutup Dadang Wihana.

(RD/dic/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds