Rekom Soal Berkurban, DKP3 Kota Depok Tunggu Laporan Camat

Pekerja memberi makan sapi hewan kurban yang akan dijual di Mall Hewan Kurban H.Doni, Jalan Akses UI, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Senin (6/7/2020).

Pekerja memberi makan sapi hewan kurban yang akan dijual di Mall Hewan Kurban H.Doni, Jalan Akses UI, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Senin (6/7/2020).


POJOKJABAR.com, DEPOK – Camat Se-Kota Depok harus segera bekerja jelang Idul Adha 1441 Hijriah. Berdasarkan Surat Ederan (SE) Walikota Depok, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Depok mesti menjalin komunikasi dengan kecamatan.

Terutama terkait tempat penjualan hewan kurban dan pemotongan. Kepala DKP3 Kota Depok, Diah Sadiah mengatakan, pelaksanaan Pelenyelenggaraan kurban di Kota Depok, melibatkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kota Depok. Hal tersebut mendapatkan apresiasi dari Direktur Kesmavet Dirjen Peternakan Kementan, pada salah satu webinar nasional.

“Kami dijadikan contoh, salah satunya SE Walikota tentang penyelenggaraan kurban saat covid 19 ini. Alhamdulillah jika bisa menjadi contoh untuk kabupaten dan kota lain,” ujar Diah Sadiah kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Senin (06/07/2020).

Kaitan data hewan kurban, lanjut Diah, DKP3 Kota Depok masih menunggu laporan dari camat. Ini terkait izin yang sudah dikeluarkan camat berdasarkan rekomendasi dari lurah. DKP3 Kota Depok akan melakukan pengawasan kesehatan hewan kurban pada 10-H ke penjualan lapak, jika sudah mendapatkan ijin dari camat.

Laporan camat, sambungnya, bisa mempercepat pemeriksaan ante mortem atau pemeriksaan kesehatan hewan satu hari sebelum dipotong, kemudian pemeriksaan post mortem atau pemeriksaan hewan sudah dipotong dan jeroannya. Terakhir tempat pemotongan hewan kurban juga mesti sudah mendapatkan izin dari camat berdasarkan rekomendasi dari lurah.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, sudah beberapa kali rapat dari awal sampai sosialisasi secara vicon dengan camat dan lurah. DKP3 Kota Depok juga sudah menyosialisasikan SE kembali secara langsung kepada camat dan lurah. Hasilnya, antusiasme camat dan lurah begitu besar, karena sering diminta pihak Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) memberikan arahan dalam persiapan kurban dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

Dia berharap, dengan ketaatan pelaksaan SE Walikota tersebut, di tempat penjualan hewan kurban dan di tempat pemotongan hewan kurban, tidak menjadi cluster baru penularan covid 19.

“Kami tidak ingin ada cluster baru penularan Covid-19 di lokasi penjualan maupun pemotongan hewan kurban,” bebernya.

Sementara, penjual sapi kurban di Jalan akses UI, Kelapa Dua, Haji Doni mengatakan, saat ini masyarakat harus jeli saat ingin membeli hewan kurban. Sapi yang ingin masuk ke Depok perlu menjalani karantina, sebelum akhirnya siap untuk dijual. Dia juga menceritakan sebelumnya sapi-sapi yang akan masuk Kota Depok juga mendapatkan perawatan dari Dinas Kesehatan.

“Sekarang kalau mau beli sapi tanyakan dulu surat keterangan sehatnya, karena semua sapi sebelumnya harus diperiksa sebelum dijual,” kata Haji Doni kepada Harian Radar Depok (Group Pojoksatu.id).

Dia menjelaskan, setelah yakin dengan surat, baru masyarakat bisa memilih sapi sesuai dengan kebutuhan. Pihaknya, saat ini akan menerapkan sistem Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Mall Kurban miliknya.

“Saat ini berjualan saat Pandemi bukan strategi bisnis, tapi menjadi keharusan untuk menjaga protokol kesehatan,” kata Haji Doni.
Menurutnya, dia juga akan membatasi pembeli yang akan masuk ke Mall Kurban miliknya.

“Mulai besok (hari ini) kami akan terapkan protokol Kesehatan bagi pengunjung, mulai dari cek suhu tubuh, sampai mencuci tangan dengan cairan desinfektan,” tegas dia.

Salah satu pengunjung mall hewan kurban, Muri Arahman mengatakan, hampir setiap tahun beli di Mall Kurban, karena kesehatannya terjamin.

“Saya baru tanya-tanya dulu karena saya kurban untuk masjid, dimasa Pandemi Covid-19 seperti sekarang, kita perlu jeli saat membeli hewan kurban,” singkat Muri.

(RD/dic/rub/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds