PPDB Zonasi 2020: Usia Calon Siswa Jadi Penentu

Ilustrasi PPDB online

Ilustrasi PPDB online


POJOKJABAR.com, DEPOK – Pada hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 jalur Zonasi jenjang SMP secara online, diikuti oleh ratusan calon siswa, Senin (6/7/2020). Operator PPDB SMP Negeri 1 Kota Depok, Ahmad Syafei mengungkapkan, pada hari pertama PPDB Zonasi hingga pukul 13.30 wib pendaftar mencapai 600 orang.

Sebelumnya, satu jam setelah dibukanya pendaftaran PPDB Zonasi, yaitu pukul 01.00 ada 68 pendaftar, kemudian pada pukul 02.00 sudah ada 285 pendaftar.

“Hari pertama PPDB zonasi alhamdulillah antusias warga dan orang tua untuk masuk di SMPN 1 cukup tinggi,” ungkapnya kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id).

Kemudian lanjutnya, berkas yang masuk nantinya akan diverifikasi berdasarkan zonasi. Apabila dalam zonasi itu ada nilai yang sama, pihaknya secara sistem akan diseleksi dengan usia yang lebih tinggi diambil. Sebelum jalur zonasi, SMPN 1 Depok telah membuka PPDB lebih awal, yaitu pada 15 Juni, 16-17 Juni uji kompetensi, dan 19 Juni pengumuman.

“Di SMPN 1 dan SMPN 11 berbeda dengan sekolahan lain, karena memiliki kelas khusus. Di SMP 1 ada kelas Seni, dan SMP 11 ada kelas Olahraga,” terangnya.

Daya tampung di SMPN 1 untuk jalur zonasi jumlahnya 144 siswa, dari total sembilan kelas atau rombongan belajar (Rombel) di luar kelas khusus. Syafei menegaskan, selama proses pendaftaran PPDB jalur zonasi berjalan lancar. Walaupun sebelumnya selama dua hari jaringan internet sempat down dari tanggal 4 Juli.

“Sempat khawatir, karena mau memasuki hari pertama PPDB zonasi. Antisipasinya kami menyiapkan jaringan tetring, dengan tiga operator yang siap siaga,” tegasnya.

Meski begitu ia mengaku, di masa pandemi banyak kekecewaan dari orang tua. Karena nilai yang mereka dapat itu tidak diperhitungkan.

“Diutamakan usia, karena sudah sesuai Peraturan Menteri Pendidikan,” ujarnya.

Loading...

loading...

Feeds