Kasus Covid-19 di Kota Depok: Sehari 12 Jiwa Sembuh

Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Mohammad Idris.

Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Mohammad Idris.


POJOKJABAR.com, DEPOK – Virus Corona alias Covid-19 mulai bersahabat di Kota Depok. Faktanya Senin (29/6/2020), Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, mencatat angka kesembuhan sudah mencapai 67,06 persen. Kendati ada 12 pasien sembuh, ada juga pasien lima positif.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, kasus konfirmasi kesembuhan Covid-19 mengalami penambahan. Sebanyak 12 pasien yang sebelumnya mendapatkan penanganan telah mengalami kesembuhan. Sehingga menjadikan total kesembuhan pasien positif di Kota Depok sebanyak 511 orang.

“Presentasi pasien kesembuhan mencapai 67,06 persen dari seluruh kasus konfirmasi sembuh di Kota Depok,” ujar Mohammad Idris kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id).

Idris menjelaskan, penambahan kasus konfirmasi positif sebanyak lima kasus. Penambahan tersebut berasal dari tindaklanjut program rapid test Kota Depok. Kemudian ditindaklanjuti dengan Swab di Labkesda dan PCR di Laboratorium RS UI, sebanyak lima kasus. Orang Tanpa Gejala (OTG) yang selesai pemantauan hari ini pun bertambah 27 orang.

Idris mengungkapkan, pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 21 orang, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang selesai pengawasan bertambah tujuh orang. PDP yang meninggal berjumlah 115 orang, tidak terdapat penambahan dibanding hari sebelumnya. Dia menegaskan, status PDP tersebut merupakan pasien yang belum dapat dinyatakan positif maupun negatif.

“Harus menunggu hasil PCR yang datanya hanya dikeluarkan PHEOC Kemenkes RI,” tutup pria yang juga menjabat Walikota Depok ini.

Dalam 24 jam terakhir, jumlah kasus baru positif Covid-19 di Indonesia bertambah 1.082 orang. Sehingga kini totalnya sudah mencapai 55.092 kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi.

Dari 1.082 pertambahan kasus pada Senin (29/6), terbanyak tersebar di 5 provinsi. Di antaranya Jawa Timur 297 kasus baru dan 171 sembuh, Jawa Tengah 198 kasus baru dan 43 sembuh, Sulawesi Selatan 188 kasus baru dan 52 sembuh, DKI Jakarta 125 kasus baru dan 254 sembuh, Kalimantan Tengah 47 kasus baru dan 49 sembuh.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan kabar baiknya ada 21 provinsi yang melaporkan kasus di bawah 10 orang per hari. Dan ada 13 provinsi melaporkan nol kasus.

“13 provinsi tersebut di antaranya Aceh, Bengkulu, Jogjakarta, Jambi, Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Lampung, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Gorontalo,” jelas Yurianto dalam konferensi pers secara daring, Senin (29/6).

Data kasus baru diperiksa dari 11.783 spesimen harian. Sehingga total spesimen yang sudah diperiksa sejauh ini adalah sebanyak 782.383 spesimen.Ada tambahan 864 pasien sembuh sehingga total yang sembuh mencapai 23.800 orang. Dan angka kematian bertambah 51 kasus, sehingga total kasus meninggal sebanyak 2.805 jiwa.

“Harus diyakini betul bahwa wabah masih ada. Masih mungkin terjadi penularan. Mari bersama-sama patuhi protokol kesehatan tetep dijalankan sebaik-baiknya. Jaga jarak. Gunakan masker. Rajin cuci tangan dengan sabun,” ujarnya.

Sudah 448 kabupaten/kota terdampak Covid-19. Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 41.605 dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sebanyak 13.335 orang.

“Sudah mulai masuk kerja, ini harus diperhatikan betul. Protokol kesehatan dan menjaga jarak di ruang kerja harus dipatuhi. Jangan sampai saat makan siang masih bergerombol. Masih tak patuh gunakan masker. Ayo patuhi bersama, kita bisa,” tegas Yuri.

(RD/dic/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds