Tetap Perhatikan Protokol Kesehatan, Pelayanan Publik di Kota Depok Terus Berjalan

Sejumlah warga saat mengurus berkas di pelayanan yang beroperasi di Kantor Balaikota Depok, Selasa (2/6/2020).

Sejumlah warga saat mengurus berkas di pelayanan yang beroperasi di Kantor Balaikota Depok, Selasa (2/6/2020).


POJOKJABAR.com, DEPOK – Hantaman pandemi virus Corona Disease 2019 (Covid-19) di Kota Depok, tidak melunturkan semangat Pemkot Depok dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sebagai wujud visi dan misi Kota Depok.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok, Yulistiani Mochtar menuturkan, pelayanan terhadap masyarakat berupa pembuatan perizinan tetap berjalan. Meski begitu, pihaknya memberikan pelayanan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Pelayanan DPMPTSP tetap berjalan selama pandemi Covid-19 di Kota Depok, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Yulistiani Mochtar kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id).

Selain itu lanjut Yulistiani, selama pandemi Covid-19 pelayanan di DPMPSTP dilaksanakan pada selasa dan rabu, mulai pukul 08.00 hingga 12.00 wib. Kedepannya, waktu pelayanan akan diubah, yakni Senin hingga Kamis dengan jam pelayanan tetap sama. Kemudian, pihaknya juga tetap membuka dengan pelayanan online.

Diketahui, pelayanan terhadap masyarakat oleh DPMPTSP mulai Januari hingga Mei sebanyak 5.304 pelayanan. Pelayanan yang paling banyak diminta masyarakat maupun pelaku usaha, di antaranya permintaan izin pemasangan reklame 2.446 pelayanan, izin usaha perdagangan 221, pengesahan siteplan 166 pelayanan, izin usaha jasa konstruksi 113, izin pemanfaatan ruang rumah tinggal tunggal 531, izin mendirikan bangunan rumah tinggal tunggal 910, tanda daftar perusahaan 212 pelayanan, dan sejumlah pelayanan lainnya.

“Kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” terang Yulistiani.

Terpisah, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok, Nina Suzana menuturkan, pelayanan terhadap masyarakat berupa Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tetap berjalan dengan normal. Bahkan, masyarakat dapat membayarkan PBB melalui mitra usaha, seperti minimarket maupun Bank.

“Pelayanan PBB tetap berjalan setiap hari bisa via bank maupun minimarket,” singkat Nina Suzana.

Selain itu, pelayanan masyarakat yang telah berjalan lainnya yaitu perpanjangan SIM di Satlantas Polrestro Depok. Kasat Lantas Polrestro Depok, Kompol Erwin Aras Genda mengatakan, pelayanan perpanjangan SIM telah dibuka. Perpanjangan SIM sebagai Dispensasi terhadap masyarakat yang telah melewati batas waktu SIM.

“Dispensasi diberikan kepada masyarakat yang masa SIM telah habis selama pandemi Covid-19,” ujar Erwin Aras Genda kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id).

Erwin Aras Genda menjelaskan, perpanjangan pelayanan SIM tetap memperhatikan protokol kesehatan. Masyarakat yang meminta pelayanan tetap menjaga jarak dan disediakan tempat untuk cuci tangan, sebagai pencegahan Covid-19.

(RD/dic/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds