Jelang Idul Fitri, Harga Ayam-Bawang Merah di Kota Depok Naik

Sejumlah warga membeli kebutuhan pokok di Pasar Agung, Jalan Proklamasi Raya, Keccamatan Sukmajaya, Minggu (17/5/2020).

Sejumlah warga membeli kebutuhan pokok di Pasar Agung, Jalan Proklamasi Raya, Keccamatan Sukmajaya, Minggu (17/5/2020).


POJOKJABAR.com, DEPOK – Sepekan jelang Idul Fitri 1441 Hijriah harga bahan pokok mulai terkerek naik. Dua jenis : bawang merah dan ayam naiknya disejumlah pasar tradisional sangat signifikan, Minggu (17/5/2020). Di Pasar Agung Kecamatan Sukmajaya Kota Depok misalnya, bawang merah sudah mencapai Rp70 ribu perkilogram (Kg), dan ayam Rp40 ribu perekor.

Pedagang ayam potong di Pasar Agung Jaya, Mulyono mengatakan, mengikuti peternak yang menaikan harga ayam, sehingga mau tidak mau menjualnya ke konsumen juga dinaikan.

“Sebelumnya Rp35 ribu. Sekarang sudah Rp40 ribu. Ini semenjak seminggu terkakhir alami kenaikan harian,” jelasnya saat diwawancarai Harian Radar Depok (Group Pojoksatu.id) di los dagangannya, Minggu (17/5/2020).

Meski ada kenaikan harga. Mulyono menuturkan, pembelian ayam potong juga terus meningkat. Tampaknya masyarakat di tengah wabah covid 19 tidak menurunkan minat untuk mengkonsumsi ayam. Setiap harinya, ayam yang keluar untuk pelanggan bisa mencapai 20 hingga 30 ekor. Dengan ukuran yang bervariatif.

“Pembeli sama sekali tidak mengalami penurunan. Mungkin karena ramadan dan jelang lebaran,” terang bapak berusia 48 tahun ini.

Lain halnya di Pasar Pucung Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong. Seorang pedagang ayam potong, Masto menuturkan, kenaikan 10 hari belakangan ini terus meningkat, tapi tiga hari terakhir harga yang paling melesat tajam.

Biasanya ia menjajakan ayam hidup satu ekor perkilonya bisa di bawah angka Rp 20 ribu, kini melonjak ke angka Rp 27 ribu bahkan lebih. Tergantung pemebelian dalam partai besar atau kecil.

“Kita bisa kasih harga di bawah kalau ambil banyak. Tapi kalau hanya 1 atau dua ekor itu harganya tinggi, tergantung ukuran ayamnya. Bisa sampai Rp40 ribu,” beber Masto kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id).

Loading...

loading...

Feeds