Akhirnya RSUD Kota Depok Tangani Khusus Covid-19

RSUD Kota Depok, Jalan Muchtar Raya, Kecamatan Sawangan.

RSUD Kota Depok, Jalan Muchtar Raya, Kecamatan Sawangan.


POJOKJABAR.com, DEPOK – Akhirnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, menunjuk RSUD Kota Depok khusus menangani Covid-19 atau Virus Corona. Selain RSUD Depok, gugus tugas juga menggandeng RS HGA dan RS Citra Medika dalam menangani wabah corona.

Keputusan tersebut setelah diserahkannya Surat Keputusan Walikota Depok, Mohammad Idris, di Balaikota Depok, Senin (4/5).

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, terus berusaha meningkatkan pelayanan kesehatan untuk penanganan Covid-19. Pemerintah Kota Depok telah menerima dan memberikan Surat Keputusan kepada RSUD Kota Depok.

“Kami menyerahkan SK terkait RSUD Kota Depok sebagai RS khusus Covid-19 Kota Depok,” ujar Mohammad Idris kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Senin (4/05/2020).

Idris menjelaskan, dengan ditetapkannya RSUD Kota Depok sebagai RS Covid-19, ada beberapa penanganan RSUD Kota Depok yang dialihkan ke rumah sakit swasta. Dia mencontohkan, seperti pelayanan penyakit kulit dan psikiater, dan rawat inap.

Namun, untuk pasien yang melakukan rawat jalan masih dapat dilakukan di RSUD Kota Depok.
Selain itu, lanjut walikota, Pemerintah Kota Depok bekerjasama dengan beberapa rumah sakit untuk penanganan Covid-19.

Diantaranya, RS Citra Medika dan RS HGA sebagai rumah sakit isolasi terhadap pasien Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Nantinya, rumah sakit tersebut dapat membantu percepatan penanganan Covid-19 di Kota Depok.

“Kami ingin berbagi peran untuk penanganan Covid-19 di Kota Depok,” terang pria yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok.

Menurutnya, kedua rumah sakit tersebut akan memenuhi kebutuhan isolasi mandiri terhadap masyarakat yang berstatus OTG, ODP, dan PDP ringan yang tidak dapat melakukan isolasi mandiri.

Pemerintah Kota Depok sudah melakukan kerjasama RS HGA untuk 16 tempat tidur, dan RS Citra Medika untuk 79 tempat tidur. Dengan keberadaan rumah sakit tersebut dapat digunakan masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri di rumah sakit.

“Untuk mekanismenya akan mengikuti yang telah ditentukan,” bebernya.

Adapun data Covid-19 Kota Depok pada Senin (4/5), terdapat 311 orang positif, sembuh 44 orang, meninggal 18 orang. Orang Tanpa Gangguan sebanyak 1.203 orang, selesai pemantauan 288 orang, masih dalam pemantauan 915 orang.

Orang Dalam Pemantauan sebanyak 3.228 orang, selesai pemantauan 1.386 orang, dan masih dalam pemantauan 1.842 orang. Pasien Dalam Pengawasan sebanyak 1.241 orang, selesai pengawasan 450 orang, dan masih dalam pemantauan 792 orang. Untuk PDP yang meninggal 54 orang.

Status PDP tersebut merupakan pasien yang belum dapat dinyatakan positif atau negatif, karena harus menunggu hasil PCR yang datanya hanya dikeluarkan PHEOC Kemenkes RI.

(RD/dic/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds