Stok Aman, Harga Bahan Pokon di Kota Depok Stabil

Pedagang ayam melayani pembeli di lapak dagangnya di Pasar Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Rabu (15/4/2020). Radar Depok

Pedagang ayam melayani pembeli di lapak dagangnya di Pasar Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Rabu (15/4/2020). Radar Depok


POJOKJABAR.com, DEPOK – Bulan Ramadan tinggal menghitung jari. Pandemi Virus Corona alias Covid-19, masih merebak. Dua efek tersebut ternyata tidak membuat harga-harga bahan pokok makanan terkerek naik. Rabu (15/4), di sejumlah pasar tradisional harga cenderung stabil, tapi sebagian naik tipis-tipis.

Di Pasar Tugu, salah satunya pedagang daging sapi yang udah berjalan sejak 2011, Tahrudin mengungkapkan, tahun ini menjelang ramadan harga daging sapi masih terbilang stabil.

“Masih normal si kalau yang saya jual, Rp110 ribu perkilogram. Memang belum ada kenaikan, mungkin karena peminatnya juga menurun kali,” ucapnya kepada Harian Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Rabu (15/04/2020).

Sementara itu, pedagang ayam, Winarti juga menuturkan, harga ayam belum ada kenaikan seperti menjelang ramadan tahun-tahun sebelumnya, dan masih dibilang stabil.

“Saya jual perekornya dari harga Rp35 ribu sampai Rp55 ribu tergantung ukuran, dan memang hari-hari biasa juga segitu jadi belum ada kenaikan,” tuturnya.

Masih di Pasar Tugu, pedagang kebutuhan pokok, Sutrina mengungkapkan, sudah ada beberapa yang naik, tetapi untuk beras, telur dan minyak masih stabil. Yang naik itu gula pasir, dari harga Rp13 ribu perkilo menjadi Rp18.500 perkilonya, sedangkan kacang tanah dari Rp24 ribu perkilo menjadi Rp27 ribu. Dan kacang hijau dari Rp21 ribu menjadi Rp24 ribu.

Harga kebutuhan pokok lain, salah satu penjual cabai dan sayuaran, Naidin mengungkapkan, saat ini bawang merah mulai ada kenaikan dari Rp35 ribu sekarang menjadi Rp45 ribu perkilonya, dan bawang putih dari harga Rp40 ribu menjadi Rp45 ribu.

“Kalau untuk cabai masih stabil ya, belum ada lonjakan harga sampai dengan saat ini,” terangnya.

Terpisah, pedagang daging di Pasar Sukatani, Adbul Rohim menuturkan, harga jual daging sapi di tokonya masih Rp120 ribu perkilonya.

“Harga tersebut masih normal ya, disini belum ada kenaikan harga tapi gatau kalau ditempat lain,” ucapnya.

Begitupun dengan pedagang ayam, Surtinah menuturkan harga ayam ditempatnya masih stabil dan tergantung ukuran ayamnya, dia menjual sekitar Rp30 ribu hingga Rp55 ribu perekornya.

“Masih normal ya, malah terbilang murah. Karena mungkin sepi pembeli. Karena kan rumah makan banyak yang tutup, jadi ayam dijual sedikit lebih murah,” tuturnya.

Menimpali hal ini, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disadin) Kota Depok, Zamrowi Hasan memastikan, pasokan bahan makana di Kota Depok akan aman, terlebih memasuki bulan Ramadan.

Pasokan makanan akan terus dipantau. Dia juga mengatakan, persediaan bahan makanan juga masih aman di pasar di Kota Depok. Dia menjamin, warga tidak akan kesulitan untuk mendapatkan bahan pangan. Sehingga warga tidak perlu khawatir menghadapi Ramadan.

“Insyaallah pasokan bahan makanan di Kota Depok aman,” tegas Zamrowi.

Mengenai harga, pihaknya juga menjamin bahwa harga akan stabil, tidak ada kenaikan yang signifikan.

“Harga kemungkinan masih akan stabil, kecuali harga gula pasir,” pungkas Zamrowi.

(RD/tul/rub/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds