Hasil Rapid Test Massal di Kota Depok, 126 Orang Positif

Ilustrasi virus corona.  (pixabay)

Ilustrasi virus corona. (pixabay)


POJOKJABAR.com, DEPOK – Angka ini patut tetap diwaspadai jika benar. Minggu (5/6), dari hasil rapid tes secara massal. 126 dinyatakan positif dari 2.747 orang.

Ratusan orang yang ditengarai terpapar Virus corona alias Covid-19 ini, berasal dari tenaga kesehatan, Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, upaya pencegahan melalui rapid tes telah dilaksanakan secara maksimal. Hingga Sabtu (4/4) telah dilakukan pemeriksaan sebanyak 2.747 orang, di tiga titik yang telah ditentukan.

“Pemeriksaan rapid tes di utamakan untuk tenaga kesehatan, ODP dan PDP,” ujar Mohammad Idris kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group).

Mohammad Idris menjelaskan, dari hasil rapid tes tersebut, sebanyak 126 orang positif Covid-19. Jumlah tersebut meliputi pemeriksaaan di rumah sakit untuk PDP dan tenaga kesehatan sebanyak 1.050 orang, positif 67 orang. Pemeriksaan di Labkesda untuk PDP, ODP, dan tenaga kesehatan sebanyak 210 orang, hasilnya positif 13 orang. Puskesmas untuk PDP, ODP, dan tenaga kesehatan sebanyak 1.487 orang, yang positif 46 orang.

Idris mengungkapkan, hasil positif dari rapid tes akan ditindaklanjuti dengan Swab PCR, yang rencananya dilaksanakan di Labkesda Kota Depok untuk 60 orang. Dan untuk rumah sakit dilakukan secara mandiri. Dia menekankan, hasil rapid tes belum dapat terkonfirmasi positif Covid-19. Mengingat, harus ditindaklanjuti dengan pemeriksaan Swab PCR guna kepastian Covid-19.

“Pemeriksaan Swab PCR akan dilaksanakan pada Senin ini,” terang orang nomor satu di Kota Depok ini.

Pria yang juga Walikota Depok ini menjelaskan, kasus Covid-19 yang telah terkonfirmasi positif sebanyak 64 orang, sembuh 10 orang, dan meninggal delapan orang. Untuk Orang Tanpa Gejala sebanyak 368 dan masih dalam pemantauan 368 orang.

Loading...

loading...

Feeds