DLHK Kota Depok Ingatkan Pemilahan Sampah B3

Pekerja menggunakan alat berat untuk mengeruk sampah di TPA Cipayung, Kecamatan Cipayung.

Pekerja menggunakan alat berat untuk mengeruk sampah di TPA Cipayung, Kecamatan Cipayung.


POJOKJABAR.com, DEPOK – Tak dapat dipungkiri selama pandemic virus Korona (Covid-19), banyak masyarakat menggunakan masker, salah satunya masker sekali pakai.

Untuk itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mengingatkan warga untuk memisahkan sampah masker dengan sampah lainnya.

Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan, ditengah korona masyarakat di imbau untuk menggunakan masker saat berpergian keluar rumah, maupun mengalami gangguan kesehatan.

Mengingat berbagai macam masker digunakan, pihaknya mengingatkan warga bahwa masker yang digunakan sekali pakai, masuk dalam kategori sampah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3).

“Ingat masker sekali pakai maupun sarung tangan karet merupakan sampah B3,” ujar Ety Suryahati kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group).

Ety Suryahati menjelaskan, apabila masyarakat ingin membuang sampah masker sekali pakai dan sarung tangan karet, di minta untuk memisahkan sampah tersebut dari sampah lainnya. Masyarakat dapat memasukan sampah B3 ke dalam kemasan yang terpisah sebelum memberikan sampah rumah tangga kepada petugas kebersihan.

Ety Suryahati menuturkan, guna lebih memasyarakatkan himbauan pemisahan sampah B3 khususnya masker sekali pakai, DLHK Kota Depok telah meminta kepada pengawas maupun petugas lapangan terkait pemilahan sampah B3. Hal itu guna melindungi petugas dan memudahkan pengelolaan sampah rumah tangga.

“Jangan sampai sampah B3 disatukan dengan sampah rumah tangga lainnya,” terang Ety Suryahati.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok, Iyay Gumelar mengungkapkan, mekanisme pengambilan sampah mengalami perubahan. Hal itu dikarenakan, untuk mengantisipasi pencegahan korona kepada petugas DLHK Kota Depok.

“Memang ada perubahan dalam pengambilan sampah rumah tangga masyarakat,” ujar Iyay Gumelar.

Untuk membantu memudahkan petugas DLHK Kota Depok, lanjut Iyay, masyarakat dapat proaktif emisahkan sampah antara B3 dengan sampah lainnya. Apalagi masyarakat saat ini kerap menggunakan masker, salah satunya masker sekali pakai. Namun, sebelum membuang masker tersebut, masyarakat terlebih dahulu untuk merobek masker guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Ingat pisahkan sampah masker dan robek masker sebelum membuangnya,” tutup Iyay.

(RD/dic/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds