Underpass di Jalan Dewi Sartika Dibangun Juli

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat menunggu kereta melintas di pintu perlintasan Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Pancoranmas. Radar Depok

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat menunggu kereta melintas di pintu perlintasan Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Pancoranmas. Radar Depok


POJOKJABAR.com, DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar), sepakat untuk membangun underpass di Jalan Dewi Sartika. Pembangunan tersebut akan dilaksanakan Juli 2020 setelah penyelesaian pembebasan lahan.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pihaknya menyampaikan pembuatan Surat Keputusan Penetapan Lokasi (SKPL). Hal itu dimaksudkan, agar pembebasan lahan untuk underpass bisa segera dilakukan.

“Hasil Detail Engineering Design (DED) juga kami minta dari Pemprov Jabar, supaya perangkat daerah terkait bisa segera merancang kebijakan mengenai pengadaan lahan. Serta melakukan pematokan tanah yang akan dibebaskan,” kata walikota, belum lama ini.

Dia mengungkapkan, rencananya pembangunan underpass Dewi Sartika terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama mulai Juli tahun ini dengan total anggaran sebesar Rp56 miliar dan tahap kedua di awal 2021 dengan anggaran Rp54 miliar.

”Sesuai dengan hasil DED yang dibuat oleh Pemprov Jabar, pembangunan akan berlangsung selama 14 bulan. Sementara yang akan melakukan pembangunan adalah Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBP) Jabar,” bebernya.

Dia menjelaskan, pada pembangunan tahap pertama, pengerjaan yang dilakukan berupa bagian depan jalan (frontage), dinding turap (sheet pile), relokasi saluran irigasi, drainase dan trotoar. Sementara tahap kedua adalah pembangunan terowongan di bawah jalur kereta api.

“Saat pengerjaan tahap satu pun jalan tidak akan ditutup karena pihak Dishub Depok sudah mempersiapkan dengan baik rekayasa lalu lintasnya. Mudah-memudahan dengan kerjasama kolaboratif ini, pembangunan Underpass Dewi Sartika dapat berjalan lancar,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanahan Disrumkim Kota Depok, Usep mengatakan, pihaknya sudah menyediakan lahan untuk pembangunan underpass di Jalan Dewi Sartika, hingga Jalan Raya Margonda. Titik awalnya tepat berada di depan Transmart sampai ke Halte Apotek seberang BPJS Kesehatan Kota Depok.

”Lahan sudah tersedia, tinggal menunggu DED final dari Bina Marga dan Konsultan Pemprov Jawa Barat. Kemudian mereka yang langsung ekspos ke Pak Walikota,” terangnya.

Dia menuturkan, terdapat empat tahap dalam pengadaan lahan. Di antaranya, tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan, sampai penyerahan hasil akhir belanja pengadaan tanah kepada Bidang Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok. Di atas lahan seluas 5.900 meter persegi tersebut, mayoritas berdiri bangunan yang dipakai untuk tempat usaha.

”Setelah ekspos ke pimpinan, di tahap persiapan lahan kami akan sosialisasi kembali ke masyarakat. Mudah-mudahan berjalan lancar,” pungkasnya.

(RD/dra/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds