Peserta CPNS Kota Depok Kesulitan Jawab Soal SKD

Petugas memeriksa peserta sebelum memasuki ruangan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) berbasis CAT untuk CPNS di Hotel Bumi Wiyata, Rabu (12/2/2020). Radar Depok

Petugas memeriksa peserta sebelum memasuki ruangan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) berbasis CAT untuk CPNS di Hotel Bumi Wiyata, Rabu (12/2/2020). Radar Depok


POJOKJABAR.com, DEPOK – Ratusan peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Depok berduyun-duyun masuk ke Hotel Bumi Wiyata, Rabu (12/2/2020). satu persatu peserta diperiksa secara detail. Hasilnya, masih saja ada peserta yang membawa barang-barang yang dilarang. Setelah beres masuk ruangan.

Sejumlah peserta tampak gugup saat mengikuti tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT). Pada tahap ini ada tiga jenis soal yang diberikan kepada peserta seperti, Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
Salah satu peserta tes, Bahktiar Widia mengaku, kesulitan menjawab soal ujian SKD, terutama TIU yang soalnya mengenai logika.

”Dekdekan, soal tesnya pakai logika. Mungkin sudah kecapean karena terlalu banyak baca soal ya. Jadi pusing. Totalnya ada 100 soal,” kata Widia setelah keluar dari ruang ujian.

Widia mengaku, sudah mengetahui hasil dari seleksi tersebut. Dari hasilnya, Widia optimis bisa menjadi CPNS di Depok.

”Alhamdulillah sudah tahu hasilnya. Untuk TKP dapat 103 poin, TWK 90 poin, dan TIU dapat 110 poin,” tutur warga Ciracas, Jakarta Timur ini kepada Harian Radar Depok, kemarin (12/2).

Retna peserta SKD lainnya juga mengaku, kesulitan mengisi soal ujian khususnya TWK yang isi soalnya kebangsaan dan pasal pasal. Sehingga, banyak soal yang tidak diisi oleh dirinya.

”Bingung juga sih lihat soalnya. Banyak tulisan yang soal TWK. Pas lihat hasilnya saya gak lulus. Tapi saya masih ada peluang lulus di tes materi lainya, ” tegasnya.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Depok, Supian Suri mengatakan, SKD tahun ini diikuti 5.196 peserta yang telah lolos tahap verifikasi.

“Dari ribuan orang yang ikut SKD, yang akan diterima hanya 356 orang saja berdasarkan formasi penerimaan CPNS 2019,” kata Supian Suri, Rabu (12/2).

Loading...

loading...

Feeds