Lahan untuk Pembangunan Underpass Jalan Dewi Sartika Segera Dibebaskan

Sejumlah kendaraan saat terjebak kemacetan di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Pancoranmas. Ahmad Fachry/Radar Depok

Sejumlah kendaraan saat terjebak kemacetan di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Pancoranmas. Ahmad Fachry/Radar Depok


POJOKJABAR.com, DEPOK – Kemacetan yang terjadi di Jalan Dewi Sartika kian hari semakin membeludak. Terlebih jika memasuki akhir pekan, jalanan tersebut dipenuhi puluhan bahkan ratusan kendaraan yang mengular. Kemacetan di sana terjadi lantaran adanya pintu perlintasan kereta yang sangat aktif.

Guna memecahkan persoalan tersebut, Pemerintah Kota Depok menggandeng Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana membangun underpass di Jalan Dewi Sartika. Untuk merealisasikan rencana tersebut, di bulan Januari ini akan dilakukan pembebasan lahan seluas 5.900 meter persegi di sana.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Dudi Mi’raz mengatakan pembangunan underpass Dewi Sartika akan menelan anggaran Rp149.974.895.000.

”Biaya pembebasan lahan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok,“ kata Dudi kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id), Senin (13/01/2020).

Dudi menjelaskan, pihaknya telah melakukan dua kali sosialisasi kepada masyarakat yang terdampak pembangunan underpass dari Jalan Dewi Sartika hingga Jalan Margonda Raya. Sosialisasi ini guna menyamakan persepsi sekaligus menyerap aspirasi warga setempat.

”Alhamdulillah, respon masyarakat sangat baik dan mendukung kami untuk membangun underpass dari Jalan Dewi Sartika hingga Jalan Margonda Raya,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, pembangunan underpass di Jalan Dewi Sartika akan dibagi dua. Pengadaan lahan dilakukan oleh Pemkot Depok, sedangkan pembangunan fisik oleh Pemprov Jawa Barat.

”Pembebasan lahannya sendiri diperkirakan berlangsung dari Januari sampai Juni 2020,” tandasnya.

Loading...

loading...

Feeds