Perayaan Natal di Kota Depok Berjalan Kondusif

Umat Kristiani melaksanakan ibadah Natal di Gereja Katolik Santo Matheus, Jalan Sadewa Raya, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Rabu (25/12/19). Radar Depok

Umat Kristiani melaksanakan ibadah Natal di Gereja Katolik Santo Matheus, Jalan Sadewa Raya, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Rabu (25/12/19). Radar Depok


POJOKJABAR.com, DEPOK – Perayaan Natal 2019 di gereja yang ada di Kota Depok berjalan kondusif. Hal itu setelah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Depok memonitoring kelancaran pelaksanaan Natal, dan mengunjungi sejumlah pos pemantauan terpadu dan gereja.

Sebelumnya, Walikota Depok Mohammad Idris mengeluarkan Surat Edaran dengan Nomor: 003/629/Huk/Kesbangpol yang ditujukan kepada Kepala Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah, Ketua RW, RT, dan seluruh warga Kota Depok agar menjaga keamanan serta ketertiban pada perayaan Natal 2019 dan menjelang Tahun Baru 2020.

Pada salah satu poin surat edaran tersebut, Idris mengingatkan Perangkat Daerah agar membuat pemantauan dan patroli khusus dalam pelaksanaan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Kemudian melakukan kesiapsiagaan penanggulangan bencana, agar senantiasa berkoordinasi dengan instansi terkait, atau mitra yang menjalankan fungsi serupa.

“Mari kita jaga nilai-nilai toleransi antar umat beragama, dengan saling menghormati dalam melaksanakan ajaran agamanya masing-masing. Hingga kerukunan antar umat beragama tetap terjaga,” tutur Idris.

Terpisah, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, rutinitas monitoring perayaan Natal tersebut juga bagian dari upaya meningkatkan kebersamaan di antara masyarakat.

“Perayaan ibadah malam Natal di Depok berlangsung aman, nyaman, dan kondusif. Hal ini tidak terlepas dari kontribusi dan koordinasi yang dibangun bersama Forkopimda,” ungkap Pradi.

Diketahui, monitoring perayaan Natal dilakukan secara terpisah. Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Azis Andriansyah bersama Dandim 0508/Depok Letkol Inf Agus Israk Mikroj mengunjungi beberapa gereja. Di antaranya gereja HKI, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Palsigunung, dan Gereja Kristen Jawa Depok.

“Pada Pospem Terpadu, kami mengunjungi posko di wilayah Abadijaya, sekaligus memberikan sejumlah bingkisan,” terang Azis.

Sementara itu, perayaan Misa Natal di Gereja Santo Markus Jalan Kerinci Kelurahan Abadijaya Sukmajaya berjalan khidmat. Tema yang diusung yaitu Bersahabtlah dengan Semua Orang. Misa yang digelar mulai pukul 18.00 wib, tampak dijaga ketat oleh petugas keamanan, yang dibantu ormas dan RT/RW.

Panitia Natal di Gereja Santo Markus, Vince Roosmery mengatakan, Natal dari tahun ke tahun semakin mengakrabkan antar warga. Itu terlihat dari mulai pengamanan, pengaturan lalu lintas, hingga menjaga kondusifitas lokasi.

“Kami dibantu warga untuk siapin perlengkapan dan peralatan Natal. Lingkungan juga sangat mensupport, kami saling menjaga,” ungkap Vince kepada Radar Depok (Group Pojoksatu.id).

Vince menyebutkan, tema tersebut diambil dari kitab suci yang mengatakan hiduplah dengan semua orang, karena yang kami imani Yesus turun ke dunia untuk membawa damai, sukacita bagi setiap orang. Dan damai itulah diidamkan setiap orang yang ada di bumi ini, maka sangat jelas sekali bahwa kita di panggil untuk bersahabat dengan semua orang.

“Karena kita percaya dalam bacaan Injil hari ini bahwa ketika Yesus lahir itu yang datang adalah para raja penggembala, dan orang biasa dimana mereka di persatukan,” pungkas Vince.

(RD/arn/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds