1.000 Majelis Taklim Se-Depok Dikoreksi

Umat muslim sedang melakukan tadarus Al Quran di Masjid Universitas Indonesia, Kota Depok. Radar Depok

Umat muslim sedang melakukan tadarus Al Quran di Masjid Universitas Indonesia, Kota Depok. Radar Depok


POJOKJABAR.com, DEPOK – Perkumpulan ngaji yang identik digelar kaum hawa : majelis taklim, wajib mendaftarkan diri di Kementerian Agama (Kemenag) Depok, Selasa (3/12/19). Berdasarkan data Kemenag Depok, majelis taklim se-Depok sedikitnya 1.000-an.

Pembenahan ini merujuk Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 29 Tahun 2019 tentang Majelis Taklim. Humas Kemenag Kota Depok, Lan Styawan mengatakan, masyarakat tidak perlu resah dengan adanya PMA tentang Majelis Taklim. Menurutnya, semangat dari PMA ini adalah untuk memfasilitasi layanan publik, dan pengaturan database registrasi Kemenag.

Ini penting, kata Styawan, supaya masyarakat mengetahui tata cara untuk membentuk majelis taklim. Dan Kemenag memiliki data majelis taklim dengan baik. Terdaftarnya majelis taklim, akan memudahkan Kemenag dalam melakukan koordinasi dan pembinaan.

Pembinaan yang dimaksud yakni, memberikan penyuluhan dan pembekalan materi dakwah, penguatan manajemen dan organisasi, peningkatan kompetensi pengurus, dan pemberdayaan jamaah dan lain sebagainya.

Pembinaan, lanjut dia, termasuk juga pemberian bantuan pemerintah, baik melalui APBN maupun APBD. Untuk keperluan tersebut, PMA ini bisa dijadikan dasar atau payung hukumnya.

Karena itu, perlu ada database bagi Kemenag untuk mengetahui majelis taklim yang sudah terdaftar. Dan memenuhi ketentuan peraturan perundang undangan. Di Kota Depok menurutnya, berdasarkan pendataan yang dilakukan Kemenag Kota Depok, jumlah majelis taklim mencapai 1.000 lebih.

“Banyak, jumlahnya bisa sampai seribu lebih,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubag Agama, Bidang Sosial Setda Kota Depok, D. Kamali mengatakan, belum mengetahui dengan jelas terkait rencana Kementerian Agama yang mengharuskan majelis taklim untuk mendaftarkan perkumpulannya.

“Saya belum tau jelas info itu,” ucapnya.

Loading...

loading...

Feeds

Semprot Disinefektan

Pasar Family Mart Disemprot Disinfektan

Pojokbekasi.com – Penyemprotan disinfektan terlaksana di sejumlah kios-kios pedagang pasar Family Mart, Harapan Indah, Pejuang, Medansatria. Penyemprotan dilakukan saat aktivitas …
Kebakaran di Bogor

Gudang Rongsokan di Cibinong Luder Terbakar

POJOKBOGOR.com– Gudang rongsokan di Kampung Muara Beres RT05/03, Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, ludes terbakar, Minggu (9/8). Belum diketahui …
Getaran Cinta

GMKB Gelar Getar Cinta di Ciheuleut Bogor

POJOKBOGOR.com– Gerakan Masyarakat Kota Bogor (GMKB) kembali menyelenggarakan bhakti sosial. Kali ini, kegiatan itu bertajuk Getaran Cinta (Gerakan Tebar Sayuran …