Pembangunan UIII Tahap II Bulan Desember

Petugas membawa bukti kepemilikan tanah UIII di kawasan Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Rabu (13/11/19). Radar Depok

Petugas membawa bukti kepemilikan tanah UIII di kawasan Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Rabu (13/11/19). Radar Depok


POJOKJABAR.com, DEPOK – Pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) kembali digeber. Terbaru kemarin, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) telah membuat desain masterplan perencanaan teknis UIII tahap II.

Kementerian PUPR memastikan, penandatanganan kontrak untuk pekerjaan tahap II, dijadwalkan pada tanggal 4 Desember 2019. Pekerjaan ditargetkan selesai pada Desember 2020.

Dalam siaran persnya, Kementerian PUPR menyebutkan, pembangunan Kampus UIII yang terletak di Komplek RRI Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Hanya memanfaatkan 20-30 persen dari total luas komplek, untuk bangunan gedung.

Sedangkan sisanya, akan dipertahankan/dibentuk menjadi ruang hijau berupa taman. Menurut PPK Pembangunan UIII, Syafrizal mengatakan, pembangunan UIII termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai Perpres No57 Tahun 2016, yang peletakan batu pertamanya telah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 5 Juni 2018 lalu.

Pembangunan dilaksanakan dalam II tahap dengan biaya Rp1,2 triliun. Tahap I dikerjakan Kementerian Agama RI dengan biaya Rp714 miliar yang terdiri atas 3 paket pekerjaan.

Paket 1 dengan biaya Rp362 miliar meliputi Gedung Rektorat, Gedung Fakultas A dan Plaza 3 Pilar yang progresnya saat ini mencapai 7,6 persen, pelaksana pekerjaannya PT Waskita Karya sebagai kontraktor dan PT Virama Karya sebagai konsultan manajemen.

Paket 2 dengan biaya Rp168 miliar meliputi dari 5 unit Rumah Dosen, 1 Tower Asrama Mahasiswa (pria), Rehabilitasi Bangunan dan Mechanical, Electrical, dan Plumbing (MEP) yang progres mencapai 76,11 persen, pekerjaan dilaksanakan kontraktor PT Wijaya Karya dan konsultan PT Bennatin Surya Cipta (MK).

“Pekerjaan paket 3 dikerjakan Brantas Abipraya dan konsultan PT Akronim (MK) dengan biaya Rp184 miliar, meliputi pembangunan infrastruktur kawasan dan pagar keliling yang saat ini telah mencapai 45 persen,” ujarnya kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Kamis (21/11/2019).

Pembangunan Tahap II, lanjut dia, dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan biaya Rp498 miliar.

Lingkup pekerjaannya meliputi pembangunan Masjid Kampus 2 lantai seluas 5.200 m2 kapasitas 1.880 jemaah dengan anggaran Rp86 miliar.

Kamudian pembangunan Perpustakaan Pusat 8 lantai seluas 16.556 meter persegi dengan anggaran Rp244 miliar, serta Asrama Mahasiswa seluas 12.815 m2 terdiri dari 8 lantai dengan anggaran Rp168 miliar.

(RD/rub/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

10 Manfaat Menakjubkan Lemon Myrtle

Nama lemon myrtle mungkin agak terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, kita semua pastinya telah sering menggunakan lemon dalam makanan.