Polrestro Depok Ringkus Pelaku Kejahatan Cyber

Beberapa telepon genggam disita Satreskrim Polrestro Depok dari tangan pelaku Kejahaan Cyber, selasa (19/11/19). Radar Depok

Beberapa telepon genggam disita Satreskrim Polrestro Depok dari tangan pelaku Kejahaan Cyber, selasa (19/11/19). Radar Depok


POJOKJABAR.com, DEPOK – Unit Krimsus Polres Metro (Polrestro) Depok meringkus pria yang mengaku bernama Soman alias Pak Man (38), dan rekannya di Warung Sate Solo Pak Man, Rangkapan Jaya, Pancoranmas.

Soman ditangkap lantaran diduga kuat sebagai pelaku tindak pidana manipulasi dokumen elektronik, atau penipuan melalui media elektronik terhadap Aplikasi Karya Anak Bangsa (AKAB) beberapa waktu yang lalu.

Kapolrestro Depok, AKBP Azis Andriansyah mengatakan, para pelaku ditangkap karena adanya laporan dari investigator AKAB menemukan adanya transaksi yang mencurigakan di aplikasi mereka.

”AKAB ini bergerak dalam bidang jasa transportasi dan layanan aplikasi,” kata AKBP Azis.

Dia mengungkapkan, dari hasil investigasi diketahui salah satu merchant yaitu warung Sate Solo melakukan transaksi tidak wajar, berupa orderan makanan yang terpaku hanya kepada tiga titik.

Namun dengan jumlah orderan yang melebihi batas kewajaran, sehingga menimbulkan kerugian Rp120 Juta bagi AKAB.

”Para pelaku melakukan orderan fiktif yang menimbulkan kerugian bagi AKAB, ” ungkapnya.

Azis menyebutkan, para pelaku adalah Soman, Miko Prilaksono (20), Taryanto (25), Deni Achmad (29), Nopi Ariyanto (35), Azis Romadon (30), dan Erma Susilo (31).

”Para pelaku berperan sebagai pemesanan dan penerima orderan fiktif,” bebernya.

Dia menambahkan, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa handphone yang digunakan para pelaku untuk melancarkan aksinya.

”Para pelaku dikenakan pasal 51 ayat (1) Jo pasal 35 UU No.19 Th 2016 ttg perubahan atas UU No. 11 Th 2008 TTG ITE dan atau pasal 378 KUHP,” tutupnya.

(RD/dra/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

10 Manfaat Menakjubkan Lemon Myrtle

Nama lemon myrtle mungkin agak terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, kita semua pastinya telah sering menggunakan lemon dalam makanan.