Pembangunan UIII di Cimanggis Butuh Pelebaran Jalan Baru

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menghadiri rapat membahas perkembangan pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), di Kantor Wakil Presiden, Senin (18/11/19). Radar Depok

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menghadiri rapat membahas perkembangan pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), di Kantor Wakil Presiden, Senin (18/11/19). Radar Depok


POJOKJABAR.com – Kementerian Agama bersama sejumlah kementerian menggelar rapat dengan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, di Kantor Wakil Presiden, Senin (18/11/19). Mereka membahas perkembangan pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cimanggis.

Wamenag, Zainut Tauhid mengatakan, rapat membahas sejumlah hal yakni soal pembangunan dan sarana prasarana kampus hingga persiapan kurikulum kuliah.

”Sarana dan prasarana yang lain juga sudah terpenuhi, tinggal beberapa yang perlu mendapatkan peningkatan pembangunan fisiknya adalah masalah rektorat kemudian pendukung yang lain. Kemudian yang berkaitan dengan penyiapan atau progres akademik,” katanya.

Terkait perkuliahan, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan masa perkuliahan akan dimulai September 2020. Program studi yang sudah siap dan akan dibuka pertama kali, yakni Pendidikan Islam dan Ilmu Politik.

”(Perkuliahan dimulai) September 2020,” kata Kamaruddin.

Di awal masa kuliah, kampus akan menerima lebih dari 250 mahasiswa. Rinciannya adalah mahasiswa magister (S2) dan doktoral (S3). Nantinya kuota mahasiswa akan diisi 60 persen dari dalam negeri dan 40 persen mahasiswa dari luar negeri.

”Itu kan karena ini pertama jadi kita akan menerima hanya 250 (untuk mahasiswa) S2, (lalu) sekitar 50 (mahasiswa) S3. Kemungkinan hanya 2 fakultas saja dulu, meskipun kita sebenarnya mempersiapkan sekitar 7 fakultas tapi step by step dulu,” jelasnya.

Kamaruddin juga akan menyiapkan program beasiswa untuk para mahasiswa, baik untuk mahasiswa dalam negeri atau asing. Selain itu, UIII juga akan mendatangkan dosen asing untuk mengajar.

”Dosennya dari luar negeri 5-7 orang kemudian selebihnya dari dalam negeri. Tapi pengantarnya Arab-Inggris, karena internasional jadi dosennya profesornya dari berbagai negara. (Dari) Eropa, AS, Timur Tengah, bisa dari Mesir, Maroko,” lanjutnya.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, pihaknya dari Pemkot Depok sifatnya mendukung. Meski demikian, ia menyampaikan sejumlah masukan. Misalnya perhatian pemerintah pusat tentang ketersediaan ruas jalan pendukung.

“Jalan Raya Bogor dan Jalan Juanda. Tapi yang terutama Jalan Juanda. Berharap ada pelebaran dan ruas jalan baru,” terangnya.

Masih pada kesempatan tersebut, ia mengingatkan soal wacana awal untuk disediakannya Gedung Polres Metro Depok yang baru.

“Agar disiapkan untuk gedung polres. Karena kita (Depok) sudah berubah tipe dari polresta menjadi polrestro,” bebernya.

Lebih lanjut, ia berharap agar gedung polres yang lama dapat menjadi sarana ibadah bagi umat muslim dan bisa menjadi ikon kota.

“Bisa menjadi Masjid Agung Depok juga. Sehingga ditengah kota ini ada masjid yang mewah dan megah,” pungkasnya.

Pada rapat tersebut, dihadiri sejumlah pejabat negara, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakapolri Komjen Ari Dono, dan Kapolrestro Depok AKBP Azis Andriansyah.

(RD/jun/kum/**/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds

10 Manfaat Menakjubkan Lemon Myrtle

Nama lemon myrtle mungkin agak terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, kita semua pastinya telah sering menggunakan lemon dalam makanan.