Categories: Depok

Serapan Anggaran Baru 23,34 Persen, Walikota Depok Sentil DPUPR

POJOKJABAR.com, DEPOK – Penyerapan anggaran DPUPR yang baru 23,34 persen mendapat sindirian dari Walikota Depok, Mohammad Idris. Pelantun lagu Hati–Hati ini, tidak memaklumi kegagalan DPUPR dalam menyerap anggaran tahun ini.

Menurut Idris, penyerapan anggaran DPUPR terhambat, karena adanya perubahan regulasi di tingkat kementerian yang menyebabkan DPUPR tidak berani untuk mengeksekusi.

“Ada peraturan Menteri PUPR tentang masalah pelaksanaan, dan peraturan itu menjadi pro kontra diantara kepala daerah. Apakah harus mengeluarkan Perwal atau tetap mengikuti Peraturan Menteri PUPR, atau mengikuti Petaturan Presiden,” kata walikota selepas menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Depok, Rabu (13/11).

Pro-kontra tersebut, lanjut Idris, menjadi biang keladi terhambatnya penyerapan anggaran di DPUPR. Kegiatan DPUPR berhenti sampai hampir dua bulan, karena peraturan tersebut.

“Kita bolak balik selama dua bulan ke kementerian untuk mengklarifikasi regulasi ini,” terangnnya kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group).

Dia mengungkapkan, setelah proses yang panjang, barulah pihaknya berani mengambil keputusan, untuk melanjutkan kegiatan setelah berhenti selama dua bulan.

Berani ambil tindakan karena ada arahan Presiden yang menyatakan, kepala daerah boleh membuat peraturan walikota (Perwal) atau menggunakan peraturan menteri PUPR, hingga Perpres.

“Itu pun dalam melaksanakan kegiatan dengan catatan, kepala daerah tidak dapat diperkarakan jika memang ada sebuah permasalahan nantinya, yang penting kegiatan bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Walikota menyadari, ada kondisi yang memang sulit untuk dipaksakan DPUPR dalam menyerap anggaran. Jika dipaksakan, bisa-bisa kegiatan tersebut di cut off.

“Yang ngeri itu kalau jembatan di-cut off. Ketika jembatan di-cut off, berarti anggaranya baru bisa ada kembali tahun 2021 bukan 2020. Molor satu tahun,”.

Page: 1 2

Iwan Gunawan

Share
Published by
Iwan Gunawan
Tags: kota depokserapan anggaranwalikota depok

Recent Posts

  • Bandung

Ridwan Kamil Akan Bentuk Badan Khusus Sungai Citarum

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan membentuk badan khusus Sungai Citarum dan Kawasan Bandung Utara (KBU) awal tahun 2020 ini

8 Desember 2019 11:38 WIB 11:38
  • Bogor

Sudah 28 Ekor Ular Kobra Diamankan di Susukan Bojonggede

28 ekor anak kobra diamankan warga dan petugas dari RT 02/06, Desa Susukan, Bojonggede, Bogor. 2 ekor ditangkap di musholla…

8 Desember 2019 10:16 WIB 10:16
  • Pantura

Pamit dari Persika, Gabryel Siap Akuisisi Klub Baru di Karawang

Setelah resmi mengundurkan diri sebagai CEO Persika Karawang, Gabryel Alexander berencana me-launching klub baru berkandang di Kabupaten Karawang.

8 Desember 2019 10:01 WIB 10:01
  • Bogor

Ular Kobra Berkeliaran di Perumahan di Susukan, Satu Ditangkap di Musholla

Ular kobra berkeliaran di perumahan di RT 02/06, Desa Susukan, Bojonggede, Kabupaten Bogor. 1 ekor anak ular kobra ditangkap di…

8 Desember 2019 09:34 WIB 09:34
  • Bandung

Mantan Istri Sule Jatuh Sakit, 4 Anak Sule Pulang Kampung ke Bandung

Mantan istri Sule, Lina, dikabarkan tengah jatuh sakit. Anak- anak Sule pun pulang kampung ke Bandung menjenguk ibu mereka, termasuk…

8 Desember 2019 08:03 WIB 08:03
  • Cirebon

Pengunjung Mall Kaget Banyak Prajurit TNI AL dan Kendaraan Tempur di Kawasan GCM

Pengunjung Grage Mall City (GCM) kaget melihat alat utama sistem persenjataan (Alutsista) milik TNI AL, berada diarea parkir hingga dalam…

8 Desember 2019 07:43 WIB 07:43