Rekomendasi Air Tanah, BKD Tunjuk Dinas PUPR Kota Depok

Tampak terlihat pemukiman padat yang terus berkembang di sekitar kawasan Jalan Margonda Raya. Ahmad Fachry/Radar Depok

Tampak terlihat pemukiman padat yang terus berkembang di sekitar kawasan Jalan Margonda Raya. Ahmad Fachry/Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Surat rekomendasi perpanjangan izin air tanah di Kota Depok untuk PT Propindo Sedayu dengan nomor 546.2/153/29.1.03.2a/DPMPTSP/2019, yang menyatakan bahwa di Jalan Raya Margonda Raya tidak terdapat jaringan pipa PDAM, masih jadi pertanyaan dapat keluar dari dinas mana.

Pasalnya, Dinas DPMPTSP Jawa Barat tidak akan sembarangan memperpanjang izin pengelolaan air tanah di Kota Depok. Perlu ada rekomendasi dari Pemerintah Kota Depok.

Setelah dibantah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Depok dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Depok. Kini Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok juga kembali mengatakan rekomendasi diberikan Dinas PUPR Kota Depok.

Kepala BKD Depok, Nina Suzana menyebut, perizinan pengelolaan air tanah saat ini memang menjadi kewenangan provinsi.

“Izin memang di provinsi, Pemkot hanya pemungutan pajak nya saja,” kata Nina kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Selasa (15/10/2019).

Nina juga mengatakan, yang berkewenangan untuk memberi rekomendasi terkait izin yang akan dikeluarkan Pemprov Jabar itu di DPUPR. “Gak ngerti saya, DPUPR itu ranahnya,” tegas Nina.

Diberitakan sebelumnya, memuluskan proses perijinan pemanfaatan air tanah di sepanjang Jalan Margonda, ternyata dapat dilakukan dengan mudah. Beredar surat keterangan palsu untuk memuluskan proses perizinan di Provinsi Jawa Barat.

Seperti surat yang dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Pemda Jawa Barat yang mengeluarkan perpanjangan izin pengusahaan air tanah PT Propindo Sedayu dengan nomor 546.2/153/29.1.03.2a/DPMPTSP/2019.

Dalam surat yang dikeluarjan pada tanggal 31 Januari 2019 di Bandung tersebut, perpanjangan izin diperuntukan kepada apartemen milik PT Propindo Sedayu, yang terletak di Jalan Margonda Raya Kav 88, dengan pimpinan perusahaan Heru Lazuardi Triwiharto.

(RD/rub/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds