Alat Uji KIR di Kantor Dishub Kota Depok Diganti

Alat Uji KIR di Kantor Dishub Kota Depok

Alat Uji KIR di Kantor Dishub Kota Depok


POJOKJABAR.com, DEPOK – Peralatan pengujian kendaraan bermotor (KIR) yang berada di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok tengah dimodernisasi. Pasalnya yang ada sekarang, usianya sudah tua. Tidak maksimal dalam pengujian.

Kepala UPT Penguji Kendaraan Bermotor Dishub Kota Depok, Hadian mengatakan, pihaknya sedang mengganti seluruh pelaralatan uji emisi dan KIR. Penggantian dilakukan untuk mendukung kinerja dishub dalam menata transportasi yang aman dan ramah lingkungan.

“Semua mesin memang masih berfungsi dengan baik, namun dari segi usia sudah tua. Semuanya telah kita anggarkan dan tahun ini akan diganti dengan mesin yang baru,” ujar Hadian kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Kamis (10/10/2019).

Dikatakannya, meski tua lokasi uji emisi dan kir yang ada di Kota Depok telah mendapatkan akreditasi B atau layak dari Kementerian Perhubungan. Bukan hanya mesin, pihaknya juga akan melakukan penambahan dari 7 personel penguji emisi dan kir menjadi 14 personel tenaga ahli.

“Kita ada pengajuan kurang lebih 200 posisi ASN dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pengajuan juga untuk mengisi personel penguji di Dishub,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana menjelaskan, pengadaan peralatan baru uji KIR tersebut berbiaya Rp4,2 miliar, dan telah masuk ke dalam anggaran 2018. Menurutnya dengan pengadaan alat baru, akan bertambah satu jalur lagi untuk pengujian emisi dan kir.

“Alat yang baru nantinya akan terkoneksi dengan Kementerian Perhubungan. Jadi, seteleh pengujian akan keluar smart card seperti e-KTP bagi kendaraan yang lulus uji emisi dan kir. Untuk penambahan jalur pengujian masih tahap rencana saja, yang pasti untuk sementara Dishub akan mengunakan alat yang baru,” ucapnya.

(RD/rub/pojokjabar)

Loading...

loading...

Feeds