Hari Ini Penetapan Tiga Calon Rektor Universitas Indonesia

Kampu UI Depok

Kampu UI Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Pascaditetapkannya tujuh Calon Rektor Universitas Indonesia (Carek UI) oleh Majelis Wali Amanat (MWA), tahapan selanjutnya para carek tersebut akan memaparkan presentasi di hadapan pakar, Kamis (19/9). Kemudian di tanggal yang sama, langsung diumumkan tiga nama Carek UI terbaik periode 2019- 2024.

Ketua Pansus Pemilihan Rektor (Pilrek) UI, Wiku Adisasmito menyebutkan, tiga Carek terpilih bakal mengikuti debat publik pada Rabu (25/9), yang akan berlangsung di Balai Sidang Kampus UI Depok. Debat digelar secara terbuka untuk umum.

Wiku menegaskan, apa yang akan didebatkan secara umum Carek UI sudah bisa memperkirakan sesuai tata tertib Pilrek. Menurutnya, bagi Carek tidak ada kriteria harus akademisi UI.

“Syarat Rektor UI adalah WNI, berpendidikan Doktor dan berusia tidak lebih dari 60 tahun. Debatnya nanti seperti debat Capres,” ungkap Wiku kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Rabu (18/09/2019).

Untuk penilaian, MWA dibantu oleh lembaga asesmen profesional dengan berbagai tes dan metode yang mereka miliki. Saat ditanya tentang tantangan dan kompetensi yang harus dimiliki Carek UI, Wiku berharap, seorang pemimpin perguruan tinggi yang bisa membawa UI menjadi unggul.

“Ditandai dengan dapat menembus 200 besar universitas terbaik, ranking dunia dan bisa menjadikan UI Guru Bangsa,” tegasnya.

Proses Pilrek UI mendapat tanggapan beragam dari sejumlah mahasiswa UI. Di antaranya, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, Manik Marganamahendra. Ia berharap, rektor UI yang terpilih nanti harus mempunyai kebijakan pro mahasiswa. Selain itu biaya pendidikan bisa diakses seluruh lapisan masyarakat.

“Kebijakan kegiatan kemahasiswaan lebih terbuka, kampus fokus pada kesehatan mental dan memerangi kekerasan seksual,” ungkap Manik kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group).

Loading...

loading...

Feeds